oleh

Bupati Donggala Launching Buku Penggunaan Diskresi dan Audit Lingkungan

SR Ads

SULTENG RAYA – Bupati Donggala, Dr.  Kasman Lassa melaunching buku dengan judul, Penggunaan Diskresi Pada Penanggulangan Bencana Alam dan Aspek Hukum Audit Lingkungan.

Launching tersebut, juga dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan aparatur perangkat desa dalam pengelolaan aset desa untuk mencegah penyimpangan hukum, yang digelar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Tadulako dan Lembaga Fasilitas Managemen Pemerintahan Daerah, Senin (16/5/2022) di salah satu hotel di kota Palu.

Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura yang membuka kegiatan itu mengucapkan, selamat kepada Bupati Donggala yang telah melaunching dua buku, dengan judul  Penggunaan Diskresi Pada Penanggulangan Bencana Alam dan Aspek Hukum Audit Lingkungan.

Baca Juga :   Lutfin: Kepedulian Lingkungan Perlu Ditumbuhkan di Masyarakat

Gubernur berharap, dengan dilaunchingnya buku tersebut, dapat memotivasi kalangan birokrasi untuk menulis buku.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura juga mengapresiasi, atas terselenggaranya kegiatan Bimtek bagi Kades dan perangkat desa ini. “Semoga momen ini berguna bagi aparatur desa untuk menimba dan menuangkan ide-ide cemerlang bagi pengelolaan dan pemanfaatan aset desa sesuai dengan aturan yang ada,” harap Gubernur.

Menurutnya, Kabupaten Donggala merupakan sejarah panjang peradaban Sulteng, sejarah bagi Kota Niaga berbasis maritim sampai dengan sejarah Tenun Donggala.

Ditambahkannya, Donggala memiliki posisi Geostrategis yang berhadapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru dan Donggala akan menjadi kawasan zona penyangga pangan strategis nasional. “Alhamdulillah Kementerian Maritim dan Investasi, siap mendorong Kabupaten Donggala sebagai kawasan Food Estate,” jelasnya.

Baca Juga :   Lutfin: Kepedulian Lingkungan Perlu Ditumbuhkan di Masyarakat

Sementara, Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa mengatakan, pengelolaan aset desa perlu menjadi perhatian penting bagi pemerintah desa, mengingat begitu banyaknya aset-aset desa yang ada.

Dimana kata dia, secara umum pengelolaannya masih kurang maksimal, baik dalam hal pemanfaatannya maupun dari segi pengamanan secara fisik dan administratif.

“Seyogyanya aset-aset yang dimiliki oleh desa dapat menopang pembangunan di desa,” tegasnya.

Olehnya Bupati mengharapkan, melalui kegiatan Bimtek tersebut dapat memberikan nilai tambah sehingga aparatur pemerintah desa mampu mengelola aset desa secara maksimal.

Selain itu, Bupati juga berharap kepada para peserta, agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek dengan sungguh-sungguh, agar mendapatkan hasil yang maksimal sebagai acuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintah desa, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan desa.

Baca Juga :   Lutfin: Kepedulian Lingkungan Perlu Ditumbuhkan di Masyarakat

Diketahui, pada akhir kegiatan, dilakukan penyerahan cendramata  dan narasumber berasal dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, Dekan Fakultas Hukum Universitas Tadulako Palu dan Kepala Dinas PMD Donggala.

Kegiatan Bimtek tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD Donggala, Pabung, Inf. Jufri Halimun, Ketua Kadin Donggala, Dr. Rahman M. Arsyad dan tamu undangan lainnya. */ADK

Komentar

News Feed