oleh

UTBK SBMPTN Untad Diikuti 8.822 Calon Mahasiswa

-Pendidikan-dibaca 68 kali
SR Ads

SULTENG RAYA- Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Untad diikuti sebanyak 8.822 calon mahasiswa.

Tahun ini lebih banyak 15 persen dari tahun sebelumnya hanya 7.862, namun jumlah tersebut tidak semua memilih Untad sebagai pilihan utama, sebagian diantara peserta tersebut hanya memilih Untad sebagai tempat mengikuti UTBK.

Wakil Rektor bidang Akademik yang juga Ketua Panitia Pelaksana UTBK LTPMT Pusat Untad, Dr. Lukman, M.Hum, pada penyerahan Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) dan pembukaan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Untad, Selasa (17/5/2022) mengatakan Untad menyiapkan kuota 8.490 mahasiswa, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022.

Baca Juga :   IKA TEKNIK UNTAD MUBES, Rusman Ramli Harap Bangun Sinergi, Kolaborasi Bangun Daerah

Adapun kuota 8.490 mahasiswa terbagi masing-masing 1.885 untuk SNMPTN, 4.166 untuk SBMPTN dan 2.439 untuk SNMPTN.

Pada jalur SBMPTN kali ini, Untad menyiapkan kuota 4.166 mahasiswa atau 49 persen dari total kuota, yang akan terdistribusi di 52 program studi. Pendaftaran dibuka sejak 23 Maret dan berakhir pada 15 April 2022.

Sementara itu, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berharap pelaksanaan UTBK ini dapat berjalan dengan lancar hingga selesai. Pihaknya juga mengapresiasi pihak panitia, yang telah bekerja keras untuk persiapan pelaksanaan ujian.

“Tahun ini adalah tahun yang sangat strategis bagi kita untuk menata kembali penerimaan mahasiswa baru di Untad. Kami telah menyurati semua dekan, bahwa seleksi jalur mandiri nanti akan diawasi oleh KPK. Hal ini menindaklanjuti protes perguruan tinggi swasta secara nasional, yang kerap mengeluh tidak mendapatkan mahasiswa, karena calon mahasiswa lebih memilih masuk di perguruan tinggi negeri,” ujarnya.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Penambahan peserta UTBK kata rektor, merupakan bukti Untad masih mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan. ENG

Komentar

News Feed