oleh

Pemda Poso Gelar Lomba Desa

-Kab. Poso-dibaca 107 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso menggelar lomba desa demi memajukan desa agar bisa mandiri, maju dan berkembang mengikuti irama pembangunan daerah yang sedang dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang saat sambutan pada hari pertama pelaksanaan lomba desa tingkat Kabupaten di dua desa yaitu Desa Tobe Kecamatan Pesisir Utara dan Desa Lape Kecamatan Poso Pesisir, Senin (9/5/2022).

“Itulah sebabnya desa harus mampu menciptakan kreasi dan inovasi untuk mendukung kemajuan dan kemandirian desa agar bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, adapun tujuan pelaksanaan lomba desa antara lain untuk mengevaluasi, menilai dan mendororng pemerintah desa bersama masyarakat untuk menemukan dan mengoptimalkan potensi desa yang ada di wilayah masing-masing desa, juga sebagai wadah apresiasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupa penghargaan kepeda pemerintah desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desa. 

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

Lanjut Bupati Poso, sesuai visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kedepan Poso menjadi kabupaten maju, tangguh dan terdepan di Sulawesi Tengah dalam semangat membangun bersama sejahtera bersama.

“Visi tersebut akan diwujudkan dalam tujuh misi dan program unggulan diantaranya program unggulan membangun dari desa. Melalui program ini pemerintah daerah mengupayakan pengelolaan sumber daya alam unggulan daerah berbasis kawasan melalui tata kelola desa yang akuntabel, transparan, inovatif, produktif menuju desa maju. Tentunya sangat tepat ajang lomba desa ini diselenggarakan untuk mendukung program pembangunan dari desa,” jelas Bupati.

Bupati menyebutkan, adapun beberapa indikator penting dari desa sehingga layak untuk meraih predikat juara atau peringkat lomba desa terbaik dalam lomba desa tingkat kabupaten terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di desa, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, stabilitas keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan dan keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

“Selain itu, akan sangat menunjang apabila desa juga melaksanakan pembinaan pelestarian budaya tradisional, serta profesional dalam pengelolaan badan usaha milik desa atau Bumdes yang merupakan sumber APBDesa sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian desa.

Bupati Poso juga berharap, kepada tim penilai lomba desa tahun ini agar bersikap obyektif di dalam memberikan penilaian terhadap desa yang akan dinilai dalam lomba ini sehingga yang menjadi juara nantinya benar-benar memenuhi indikator yang telah ditetapkan oleh peraturan perudang-undangan.


“Apalagi pemenang dari lomba desa ini otomatis berhak mewakili Kabupaten Poso untuk lomba desa tingkat selanjutnya di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya.

Diketahui, penilaian lomba desa di Desa Tobe, Kecamatan Poso Pesisir Utara dimulai pada pukul 09:00 wita sampai dengan selesai, kemudian dilanjutkan di Desa Lape Kecamatan Poso Pesisir yang dimulai pukul 13:00 wita.

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

Dua desa yang berada di kecamatan yang berbeda itu merupakan perwakilan dari kecamatan masing-masing untuk bersaing dengan kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Poso, untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Poso pada lomba desa yang lebih tinggi yaitu tingkat provinsi.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Poso, tim penilai lomba desa dari Kabupaten, Camat bersama Tripika Kecamatan, ketua TP PKK Kecamatan bersama para pengurus dan kader PKK Kecamatan dan Desa, anggota DPRD Kabupaten Poso Dapil IV serta para Kades. SYM

Komentar

News Feed