oleh

Analisa dan Asumsi Terkait Belum Ditemukan Dokter Faisal

-Opini-dibaca 656 kali
SR Ads

Ada beberapa pertanyaan atas misteri terkait belum ditemukannya dr. Faisal yang dinyatakan hilang di dekat jurang di sekitar desa Lingadan dan desa Kapas Tolitoli Utara pada hari Jumat malam pukul 24:30 tanggal 6 Mei 2022.

Oleh : Dr. Muchtar Marhum (Akademisi Universitas Tadulako)

Dokter Faisal salah seorang dokter spesialis radiologi di RS Mokopido kota Tolitoli Sulawesi Tengah.

Keterangan dari istrinya yang juga seorang dokter spesialis di rumah sakit yang sama, dokter malam itu pergi mengantar bantuan kemanusian untuk penduduk yang korban bencana banjir bandang yang terjadi tanggal 23 Maret 2022.

Hingga saat ini sudah kurang lebih 3×24 jam dokter menghilang secara misterius seperti ditelan bumi walaupun awalnya diduga telah terjadi korban kecelakaan dan dirampok atau dibegal.

Ada banyak spekulasi yang berkembang, analisa dan asumsi serta polemik yang berseliweran di berbagai flatform media sosial. Sejumlah media mainstream juga telah mengangkat kasus dan misteri terkait belum ditemukannya dokter Faisal hingga saat ini.

Ada beberapa hal yang membuat masyarakat bertanya-tanya sekitar kasus ini. Dan dari informasi yang berseliweran terkait kasus ini saya mencoba membuat asumsi dan analisa berikut ini.

Pertama  Kenapa dokter berangkat ke sana sendirian tanpa ditemani dan apalagi perjalanannya sudah agak larut malam sekitar pukul 22:00 dan konon kejadian sekitar pukul 23:30. Ingat jarak destinasi Lingadan-Kapas sekitar 40 KM dari Kota Tolitoli. Dan juga jadi pertanyaan kenapa dokter tidak berangkat siang hari ?

Kedua, selain pengakuan istrinya bahwa dokter pergi ke sana naik motor,  adakah orang lain yg menyaksikan langsung dokter berangkat ke Tolitoli Utara naik motor atau adakah CCTV yang rekamannya bisa digunakan sebagai petunjuk?. Kemudian menurut beberpa informasi yang sempat saya dengar bahwa dokter jarang dilihat naik motor. Lalu yang juga jadi pertanyaan kenapa tidak naik mobil ?

Ketiga, kenapa harus pergi menyerahkan bantuan di malam hari dan uang yang di bawa cukup banyak. Lagi pula situasinya saat itu tidak terlalu mendesak (tidak terlalu urgen) dan  situasi pasca bencana kayaknya sudah mulai liwat masa darurat (emergency)?

Keempat, jika terjadi kecelakaan lalulintas pasti kendaraanya rusak terlihat lecet-lecet, ringsek, ada bekas atau jejak rem dan atau mungkin kendaraannya rusak parah. Kemudian dokter yang jadi korban kecelakaan pasti berada di dekat kendaraannya atau terhempas tapi mungkin tidak terlalu jauh dari tempat kecelakaan.

Kelima, siapakah orang yang pertama menemukan kendaraannya dan apa hubungannya dengan dokter ? apakah ada hubungan secara kekeluargaan  maupun ada sangkut paut dengan urusan atau bisnis ?

Keenam, terkait meme tulisan yang viral di Medsos yang bahasanya sangat religius dan seakan-akan memberikan signal dan firasat bahwa dokter akan pergi utk selama-lamanya. kini yang jadi pertanyaannya kapan dan dari mana meme tulisan itu ditemukan. Apakah dokter betul yang tulis ?

Ketuju, apakah akhir-akhir ini ada hal-hal yang mungkin perlu dicurigai atau apakah dokter ada masalah baik itu masalah pribadi (Privat) maupun masalah publik ?

Kedelapan, dugaan kecelakaan dan kasus perampokan sepertinya belum memenuhi kriteria karena kayaknya tidak ditemukajn di sekitar TKP dan konon tidak ada barang-barang yang sangat berharga yang hilang. Lalu kenapa jaket dan sejumlah kartu identitas ditemukan tidak jauh dari kendaraan sedangkan dokter tidak ditemukan. Jika terjadi kasus begal atau perampokan, kemungkinan ada jejak perlawanan.

Kesembilan, mungkin perlu dicermati dan diinvestigasi adanya statemen hoax dari seorang netizen yang menyatakan bahwa dokter faisal telah ditemukan dalam batu  tapi keadaannya lemas. Kemudian yang bersangkutan dikritisi kenapa menyebarkan berita hoax.

Kesepuluh, yang jadi pertanyaan kenapa laporan yang dianggap hoax justru ditindaklanjuti pada siang hari karena ada video yang viral di FB terlihat istrinya pergi ke dekat batu besar dan teriak-teriak memanggil nama suamninya. Lalu sempat pula viral ada video kejadian pada malam hari di lokasi sekitar batu banyak masyarakat yang berkumpul dan kayak ada yang memandu, ada yang bilang baca salawat dan seterusnya. Kejadian mistis dan bersifat gaib ini mungkin perlu dicermati lebih lanjut dan mungkin juga bisa ditarik benang merahnya keterkaitannya.

Kesebelas, ada netizen yang mengatakan bahwa JPS nya dokter terindikasi jauh dari lokasi keceĺakaan. Dan juga ada sejumlah berita hoax yang sepertinya ingin mengalihkan perhatian tapi pas dicek ternyata menggunakan akun palsu.

Keduabelas, mungkin perlu dilakukan investigasi lebih lanjut dan analisa forensik yang lebih akurat dan valid.

Saran saya kepada pihak Kepolisian, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tolitoli di mana dokter Faisal kebetulan menjabat sekretaris. Semua pihak yang ikut membantu menemukan dokter, harus meminta keterangan yang detail terperinci, jelas dan dapat dipercaya dari keluarga dekat dokter termasuk informasi dari istrinya, keluarga dekat, teman dekat istrinya, atasan beliau, orang yang menyaksikan dokter naik motor ke sana dan menyerahkan bantuan tersebut, pihak keluarga dan pihak-pihak yang punya hubungan kekerabatan, persahabatan dan atau bisnis juga perlu dimintai informasi.

Akhirnya kami berharap dan berdoa semoga dokter bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat, sehat walafiat. Dan juga semoga semua perasangka, asumsi dan analisa yang kurang berkenan juga bisa dimaklumi.

Kok percaya dokter disembunyi sama jin di dlm batu besar ???, Makin membingungkan kasus ini. ***

Komentar

News Feed