oleh

Pemda Parmout Tetapkan Titik Koordinat dan Batas Lahan Infrastruktur Calon DOB

SR Ads

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menetapkan titik koordinat dan penentuan batas lahan infrastruktur untuk calon ibukota dua Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong, Senin (25/4/2022).

Penetapan titik koordinat dan penentuan batas lahan infrastruktur dua ibukota calon DOB itu dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah, BPN Parmout dan Bidang Pertanahan Dinas PUPRP Kabupaten Parmout. Kegiatan itu disaksikan langsung oleh Bupati Parmout, H Samsurizal Tombolotutu diawali dari lahan persiapan bandar udara(bandara) dan kompleks perkantoran di Desa Moian Kecamatan Taopa yang bakal menjadi ibukota Kabupaten Moutong.

Bupati Parmout Samsurizal Tombolotutu mengatakan, sesuai hasil pertemuannya dengan pejabat pertanahan, bahwa perlunya menentukan lahan dan dipastikan telah menentukan batas batas lahan yang telah dipersiapkan untuk Infrastruktur masing-masing  DOB dengan luas minimal 50 hektar.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

“Hari ini (kemarin,red) sudah kita pastikan batas-batas lahannya melalui pemasangan patok sehingga tanggal 23 Mei 2022  tim pemekaran pusat datang kesini sudah melihat bahwa ada lahannya dan kita sudah siap. Pemda minimal menyiapkan lahan seluas 50 hektare,”ujarnya.

Lebih lanjut Samsurizal mengatakan, tim pemekaran dari pusat yang akan meninjau kesiapan dua DOB sebanyak 27 orang dari pakar hukum yang membuat Rancangan Undang Undang (RUU) pemekaran DOB Tomini Raya dan Moutong.

“Insya Allah mereka akan mantapkan naskah akademik atau penulisan ilmiah dari hasil peninjauan, satu bulan kemudian atau tanggal 6 Juni 2022 mereka datang lagi untuk memastikan tulisan atas peninjauan mereka,”jelasnya.

Turut mendampingi Bupati pada kegiatan itu Kadis Kelautan dan Perikanan, Moh Nasir SPi MSi, Kadis PUPRP, Abd Azis Tombolotutu SIKom,  Kabag Prokopim, F Eny Susilowati SE MM, para pejabat administrator dan para Camat di wilayah DOB. */AJI

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

Komentar

News Feed