oleh

RAPAT PARIPURNA, Bupati Jawab Pandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Sigi

-Kab. Sigi-dibaca 76 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – DPRD Sigi kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati Sigi atas pandangan umum fraksi-fraksi terkait pengajuan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sigi, Rabu (20/4/2022).

Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sigi Mohammad Rizal Intjenae, didampingi Wakil Ketua II Imran Latjedi dan para OPD.

Dalam penjelasan Bupati Sigi, Mohamad Irwan yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Andi Ilham menyampaikan terimakasih kepada seluruh Anggota Dewan atas pandangan umum fraksi yang telah disampaikan sebelumnya.

Menurutnya, dari pandangan umum yang dibacakan oleh juru bicara masing-masing fraksi, pada prinsipnya menyatakan menerima dan menyetujui pengajuan dua buah Raperda yakni tentang pembentukan Desa Tulo Rarantea kec Dolo dan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda No. 5 Tahun 2015 tentang pemilihan kepala Desa.

Adapun beberapa pandangan umum fraksi diantaranya, fraksi partai Golkar yang disampaikan oleh juru bicaranya,  Hj Hazizah  menyetujui pengajuan dua buah Raperda untuk dibahas ke tingkat selanjutnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh fraksi Partai PDI Perjuangan melalui juru bicaranya  Moh Umar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai PDI Perjuangan atas dukungan dan apresiasi yang disampaikan oleh masing-masing juru bicaranya,”ucapnya.

Selanjutnya, Fraksi partai Gerindra melalui juru bicaranya Yakub Ntango, juga menerima dan menyetujui dua buah Raperda tersebut untuk dibahas di tingkat selanjutnya.

Terkait dengan Raperda pembentukan Desa Tulo Rarantea Fraksi Gerindra menyampaikan agar Raperda tersebut dapat memperhatikan batas wilayah dan peta desa agar dalam penetapan Perda tersebut nantinya tidak menimbulkan polemik di kemudian hari.

“Terkait hal tersebut, kami sampaikan bahwa dalam Perda ini telah mengatur dengan jelas mengenai batas wilayah desa dengan titik koordinat wilayah desa,”jelasnya Andi Ilham.

Dalam penyampaian jawaban dan tanggapan ini, lanjut Andi Ilham, pihaknya menyadari bahwa belum sepenuhnya dapat memenuhi keinginan semua fraksi-fraksi. Oleh karena itu, diharapkan agar tim yang ditunjuk untuk mewakili Pemda Sigi, dapat memberikan jawaban yang lebih detail terkait data dan teknisnya.

“Kami juga berharap kepada tim yang akan ditugaskan agar dalam pembahasan nantinya, dapat memberikan penguatan-penguatan serta bahan yang diperlukan dalam pembahasan Raperda tersebut,”harapnya. FRY

Komentar

News Feed