oleh

BPJS Kesehatan Sediakan Program Rehab Atasi Tunggakan Peserta Mandiri

-Kesehatan-dibaca 119 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – BPJS Kesehatan saat ini terus berinovasi dan berupaya dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS.

Kali ini inovasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan menyasar kepada peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) dan peserta Bukan Pekerja (BP) yang menunggak iuran. Oleh karenanya, pemerintah berupaya untuk memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah tunggakan peserta segmen mandiri.

Program baru yang diluncurkan adalah Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB). REHAB adalah program yang memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta segmen PBPU dan BP yang memiliki tunggakan iuran untuk dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

“Selama ini kami banyak mendengar peserta tidak membayar tunggakannya, karna sudah terlanjur menumpuk tunggakannya, sehingga tidak sanggup untuk membayarnya (tunggakan) sekaligus. Sekarang peserta JKN-KIS segmen PBPU dan BP yang menunggak bisa mengangsur tunggakannya sehingga memberi kesempatan untuk dapat segera mengaktifkan kepesertaannya dan ini sudah kita berlakukan bagi peserta JKN KIS di area pelayanan kantor cabang Palu,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, Wahidah kepada Sulteng Raya, Ahad (20/3/2022).

Adapun syarat dan ketentuan bagi peserta yang ingin mengikuti Program REHAB yakni peserta memiliki tunggakan lebih dari tiga bulan (4-24 bulan). Selain itu, peserta wajib mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165. Selanjutnya, pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari pendaftran sampai dengan tanggal 27. Dan persyaratan terakhir yakni maksimal tenor pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

“Pendaftaran Program REHAB sangat mudah, silahkan bukan aplikasi Mobile JKN lalu akan ada menu Rencana Pembayaran Bertahap. Selanjutnya peserta dapat mengikuti arahan yang tertera. Kami mengimbau agar peserta yang mendaftarkan Program REHAB agar membaca dengan seksama ketentuan-ketentuan yang berlaku sebelum menyetujui mendaftar Program REHAB,” lanjut Wahidah.

Pembayaran tunggakan bertahap sudah termasuk memperhitungkan tunggakan untuk satu keluarga sehingga peserta tidak perlu melakukan pendaftaran Program REHAB untuk setiap anggota keluarga. Status kepesertaan peserta program pembayaran tunggakan iuran bertahap baru akan aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas.

Wahidah berharap, agar peserta JKN-KIS yang memiliki tunggakan iuran sesuai syarat dan ketentuan yang ada dapat memanfaatkan program ini sehingga tidak berat untuk melunasi tunggakannya karena tunggakannya dapat dicicil. HJ

Komentar

News Feed