oleh

Perkuat Struktur Partai, Demokrat Sulteng Laksanakan Muscab Serentak

-Politik-dibaca 208 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tengah ditunjuk sebagai penanggungjawab pelaksanaan Musyawarah Cabang (muscab) serentak  yang dipusatkan di Kota Palu tanggal 3-5 Februari 2022.

Kegiatan Muscab Serentak yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja ini, bakal diikuti oleh 13 pengurus DPC Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

“Partai Demokrat bakal melaksanakan musyawarah cabang serentak se- Sulawesi Tengah yang akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat (4/2/2022) Pagi Pukul 08.30 WITA di Hotel Sutan Raja Kota Palu,” ungkap Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng, Hidayat Pakamundi dalam sesi jumpa pers di Kantornya , Rabu (2/2/2022).

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Organisasi (BP OKK) DPD Demokrat Sulteng, Karto B Dg Nappa menjelaskan bahwa Muscab dilaksanakan secara serentak dengan mempertimbangkan jadwal Pemilu yang sudah ditetapkan.  Tahun ini, kata dia, sudah memasuki tahun politik, perlu mempersiapkan struktur yang solid untuk menghadapi Pemilu tahun 2024

“Kita  sudah memasuki tahun politik, perlu waktu untuk verifikasi, juga butuh waktu untuk kesiapan kita konsolidasi sampai pendaftaran nanti. Kalau ini (Muscab) dilaksanakan di setiap kabupaten, habis waktu nanti,”jelasnya.

Karto B Dg Nappa yang juga Koordinator Steering Commite Muscab ini mengatakan, pelaksanaan Muscab secara serentak sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) maupun Peraturan Organisasi (PO) Partai Demokrat.

Muscab serentak juga telah disepakati oleh 13 DPC kabupaten/kota se Sulteng melalui surat pernyataan yang dikirim ke DPP.

MenurutKarto B Dg Nappa, sejauh ini sejumlah nama telah mendaftar sebagai bakal calon ketua di masing-masing DPC Kabupaten/Kota. Mekanisme untuk menjadi ketua DPC Partai Demokrat kali ini memang berbeda, selain harus terpilih dengan suara terbanyak, calon Ketua DPC juga harus melalui fit and proper test oleh tim 5 yang dipimpin langsung oleh Ketum AHY. 

“Hasil Muscab itu melahirkan rekomendasi untuk calon Ketua DPC. Calon ketua bisa dipilih apabila lolos dari fit and proper test yang dipimpin langsung Ketum. Jadi, bukan jaminan jika dia memperoleh suara terbanyak, sudah dia Ketua DPC. Yang sangat menentukan adalah konsep bagaimana memenangkan partai demokrat untuk 2024. Sehingga disini adu argumentasi melihat kecerdasan masing-masing calon ketua,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muscab serentak Ikbal basir Khan, menyampaikan bahwa seluruh DPC Kabupaten/Kota dipastikan siap hadir di pelaksanaan Muscab ini. Total ada 13 pengurus DPC kabupaten/Kota dan  177 PAC telah menyatakan kesediaannya untuk hadir. “Seluruh stakeholder sudah siap, mulai dari izin kepolisian serta kami juga membentuk tim internal untuk menjaga stabilitas Muscab serentak ini. Insya Allah bisa berjalan dengan baik,” jelas Iqbal Basir Khan. *WAN

Komentar

News Feed