oleh

Pemda Parmout Minta Aktivitas Tambang Emas PT Trio Kencana Dihentikan

SR Ads

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parmout) meminta PT Trio Kencana untuk menghentikan sementara semua aktivitas tambang emas yang dikelola perusahaan tersebut di wilayah Kecamatan Kasimbar, Toribulu dan Tinombo Selatan.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) Parmout, Badrun Nggai, SE saat memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait  permasalahan tambang emas yang dikelola PT Trio Kencana di ruang kerjanya, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya, ratusan warga di Kecamatan Kasimbar dan sekitarnya melakukan aksi unjuk rasa di Desa Kasimbar bahkan sempat menyegel kantor Camat Kasimbar dan menutup Jalur Trans Sulawesi untuk menolak kehadiran PT Trio Kencana yang mengelola tambang emas di wilayah tersebut.

Wabup mengatakan, PT Trio Kencana dapat melakukan kegiatannya bila semua kelengkapan administrasi atau persyaratan lainnya sudah dinyatakan lengkap.

“Kalau persyaratan administrasinya sudah lengkap, diinformasikan kepada pemerintah daerah dan selanjutnya melakukan sosialisasi kepada pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan warga setempat,” ujarnya.

Mengenai surat legal pemberitahuan PT Trio Kencana yang akan melakukan operasi kerjanya di lokasi tersebut, Wabup mengatakan belum sepenuhnya tersosialisasikan di pemerintah kecamatan dan desa serta kepada masyarakat setempat.

Selain itu, terkait Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) yang masih dalam proses penerbitan dari Kementerian ESDM, Wabup menegaskan agar PT Trio Kencana tidak melakukan operasi kerjanya sampai IUP dan RKAB terbit, namun yang hanya bisa dilakukan oleh pihak perusahaan adalah melakukan sosialisasi ke pemerintah kecamatan dan pemerintah desa serta warga yang ada di tiga kecamatan.

“Kurang lebih 15 ribu hektar luas wilayah kerja PT Trio Kencana ini juga harus dikaji jangan sampai menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat dalam pembebasan hak tanah,” jelasnya.

Rakor tersebut, dihadiri oleh pejabat Forkopimda, Camat Kasimbar, pimpinan OPD terkait, perwakilan  PT Trio Kencana dan perwakilan masyarakat di tiga kecamatan. AJI

Komentar

News Feed