oleh

Canopy Trail Batal Dibangun di Danau Tambing

-Kab. Sigi-dibaca 129 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Obyek wisata Danau Tambing di Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) tahun lalu sempat diwacanakan bakal memiliki penambahan infrastruktur untuk memperkuat ciri khas dengan menghadirkan fasilitas canopy trail atau semacam jembatang gantung.

Rencana itu dipastikan batal direalisasikan. Pasalnya, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) belum mampu memenuhi syarat yang ditetapkan NGO yang siap mendukung pembuatan canopy trail  tersebut.

Padahal, tahun lalu, BBTNLL telah menghadirkan konsultan untuk desain dan kajian Amdal untuk infrastruktur tersebut.

“Ternyata NGO dari pemerintah Jerman mensyaratkan syarat yang sangat tinggi, jadi standar keamanan lebih tinggi, di sektor keamanan sosial, teknis dan macam-macam, standarnya lebih tinggi dari Amdal kita dan kalau kita hitung-hitung untuk melaksanakan analisis Amdal itu lebih besar daripada biaya konstruksinya sehingga tidak jadi,” kata Kepala BBTNLL, Jusman kepada Sulteng Raya, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga :   ACT Palu Distribusi 80 Mushaf Alquran di Sigi

Sehingga, lanjutnya, saat ini, BBTNLL akan mengalihkan peruntukan itu untuk membangun  infrastruktur lain, seperti baruga, shelter, atau tempat bernaung pengunjung dan infrastruktur lainnya yang dianggap baik.

“Ini pun masih kita usulkan lagi kepada NGO, sebagai pengalihan itu (canopy trail). Kita juga mau menambah fasilitas MCK supaya lebih bagus lagi infrastruktur penunjang, tapi tetap dengan mempertimbangkan supaya kondisinya tetap alami, konstruksi dan arsiteknya tetap menyesuaikan,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed