oleh

Alfres Resmi Jabat Waket DPRD Parmout, Gantikan Sugeng Salilama yang Tersandung Kasus Korupsi

SR Ads

SULTENG RAYA – Drs. Alfres M. Tonggiroh, MSi resmi menjabat sebagai Wakil Ketua (Waket) DPRD Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) masa bakti 2019-2024.

Alfres ditetapkan menjadi Waket DPRD Parmout setelah melalui prosesi pengucapan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Parigi, Dwi Sugianto, SH pada rapat paripurna di ruang aspirasi DPRD Parmout, Selasa (18/1/2022).

Alfres yang merupakan politisi dari PDI-Perjuangan tersebut ditetapkan sebagai Waket DPRD Parmout menggantikan Sugeng Salilama yang diberhentikan karena tersandung kasus korupsi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parmout.

Alfres ditetapkan sebagai Waket DPRD Parmout berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 171/4/RO.PEM-OTDA-G.ST/2022 tentang Peresmian Pemberhentian Sugeng Salilama, S.Sos dan peresmian pengangkatan Drs. Alfres M Tonggiroh, MSi sebagai pengganti Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Parigi Moutong Masa Bakti 2019-2024. Surat Keputusan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura pada tanggal 5 Januari 2022.

Ketua DPRD Parmout, Sayutin Budianto yang memimpin rapat paripurna tersebut dalam sambutannya mengatakan, pergantian Waket DPRD Parmout tersebut merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kelengkapan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Parmout yang definitif setelah terjadi pemberhentian sementara dan penunjukkan pelaksana tugas Waket DPRD Parmout dari PDI-Perjuangan.

“Atas nama pimpinan DPRD Kabupaten Parigi Moutong saya mengucapkan selamat kepada saudara Drs. Alfres M Tonggiroh, MSi yang telah diambil sumpah/janjinya sebagai pengganti Wakil Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong dari fraksi PDI-Perjuangan,” ujar Sayutin.

Sayutin menambahkan, pelantikan tersebut merupakan awal bagi Alfres untuk melaksanakan sepenuhnya tugas sebagai Waket DPRD.

“Saya berharap agar saudara dapat bekerjasama dan saling mengisi baik antar sesama pimpinan DPRD maupun anggota DPRD disisa masa tugas periode ini.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dan Organisasi Setda Sulawesi Tengah, H. Mulyono, SE, AK, MM berharap agar Alfres dapat melaksanakan mandat jabatan Waket DPRD Parmout dengan sebaik-baiknya terutama dalam membantu ketua untuk melaksanakan tugas dan wewenang pimpinan DPRD.

“Sebagai wakil ketua yang baru tentunya saudara harus cepat beradaptasi dengan tugas dan wewenang baru ini supaya mengetahui apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dengan begitu semoga saudara Alfres Tonggiroh akan terhindar dari masalah dan tidak melewati batas-batas norma-norma etis yang tidak boleh saudara langgar sebagai anggota legisltatif terlebih khusus sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong,” ujar Gubernur.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai, para pejabat Fokopimda, Kepala OPD, pimpinan partai politik, istri, anak dan keluarga Alfres Tonggiroh serta tamu undangan lainnya. AJI       

Komentar

News Feed