oleh

Lokalate Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia Timur

-Ekonomi-dibaca 109 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Mengawali 2022, Lokalate mengadakan Lokalate Ngopinspirasi Summit 2022, yakni sebuah rangkaian Festival Kampus Indonesia Timur, terdiri dari berbagai sesi pelatihan dan talkshow virtual.

Kegiatan itu untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia, khususnya anak muda di wilayah Indonesia Timur agar berani bermimpi besar dan mengembangkan potensi diri terbaik mereka, demi mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia Timur.

Mengusung tema ‘Unleashing Youth Potential in Eastern Indonesia, Lokalate Summit digelar selama dua hari, tepatnya 13-14 Januari 2022. Kegiatan itu diikuti ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan komunitas di Indonesia Timur, serta berbagai wilayah Indonesia lainnya.

Bekerja sama dengan berbagai kampus dan komunitas dari Indonesia Timur, hari pertama Lokalate Ngopinspirasi Summit mengangkat topik ‘Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia’. Menghadirkan tiga narasumber, yaitu Human Resource Manager Nutrifood, Dian Mariani, Head of Division Area Marketing Nutrifood, Nina Agustriana, serta Isach Samuel Kbarek, putra asli Papua berprestasi, penerima beasiswa LPDP dan menempuh studi S2 di Marshall University Amerika Serikat serta peraih penghargaan The Most Inspiring Movement The New L-Men of the Year 2021.

Baca Juga :   Pengguna Pertama CRETA di Palu, dr Herman ‘Seumur Hidup’ Bersama Hyundai

Dalam keterangan tertulis diterima Sulteng Raya, Jumat (14/1/2022), para peserta berkesempatan mendapatkan tips mendaftar dan mendapatkan beasiswa menempuh kampus di luar negeri, serta sesi pelatihan career coaching oleh tim Nutrifood dan IKIGAI Consulting mencakup teknik penulisan CV, wawancara, dan lainnya.

Hari kedua, Lokalate Ngopinspirasi Summit 2022 membahas ‘The Future of Youth in Eastern Indonesiadibawakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dan CEO Nutrifood, Mardi Wu, serta dimoderatori Okky Alparessi, Pemenang The New L-Men of The Year 2021.

Sesi hari kedua itu, menekankan besarnya potensi ekonomi kreatif di Indonesia Timur dan peran anak muda dalam membangun dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif.

Baca Juga :   OJK Usulkan TPKAD Punya Proker Sentra Bisnis Berbasis Syariah

Sandiaga Uno, mengatakan, Indonesia memiliki potensi industri kreatif yang luar biasa, termasuk di Indonesia Timur.

Di tingkat dunia, kontribusi industri ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar, setelah Amerika Serikat dengan industri Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Popnya.

Ekonomi kreatif di Indonesia berperan besar dalam menciptakan lapangan kerja. Sebanyak 41,5 persen berasal dari sektor kuliner, 17,5 persen dari sektor fashion, dan 15 persen dari kriya alias kerajinan tangan.

“Saya mengajak kita semua untuk bangkit dari tantangan di masa pandemi ini, termasuk bagi teman-teman di Indonesia Timur. Karena Indonesia Timur punya peluang yang luar biasa untuk sektor ekonomi kreatif,” kata Menteri Sandiaga.

Ia mengatakan, Pemerintah ingin mendorong pelaku-pelaku kreatif untuk melakukan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Saya optimis, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta kolaborasi dari berbagai sektor, termasuk brand seperti Nutrifood dan Lokalate, bersama-sama kita dukung kebangkitan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia. Mari kita Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online),” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga :   Pengetasan Kemiskinan, Kabappeda Arfan: Perlu Pemeratan Akses Kredit

Sementara itu, CEO Nutrifood, Mardi Wu mengatakan, dirinya percaya anak-anak muda di Indonesia Timur adalah generasi kreatif dengan potensi kepemimpinan besar.

Kreativitas dan jiwa kepemimpinan itu perlu dilatih sejak muda, apabila ingin mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing. Baik dari potensi alam, budaya, kuliner, maupun sejarahnya yang kaya.

“Melalui acara LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022, kami berharap semakin banyak anak muda di Indonesia Timur yang terinspirasi untuk berani bermimpi besar, percaya diri, dan mendapatkan tools yang tepat untuk meningkatkan kompetensi diri mereka sebagai calon pemimpin masa depan, baik sebagai entrepreneur maupun professional, hingga akhirnya dapat melahirkan berbagai inovasi yang dapat menjawab tantangan perkembangan zaman, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif,” tuturnya.*/RHT

Komentar

News Feed