oleh

Kelola Potensi Desa, 56 Desa Teken PKS KKM Kawasan TNLL

-Kota Palu-dibaca 148 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL), Jusman, menyebut, sebanyak 56 desa di sekitar maupun di dalam kawasan  Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) program Kemitraan Konservasi Masyarakat (KKM)

Hal itu bertujuan menggali potensi ekonomi desa agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan maupun di dalam kawasan lewat dana hibah NGO Jerman.

“Mereka, setiap kelompok di desa, akan mendapatkan 8.000 US dollar atau  Rp120 juta, perencanaan dan potensi sudah ada, karena program telah berjalan,” katanya kepada Sulteng Raya, Rabu (12/1/2022).  

Menurutnya, dalam pendampingannya, BBTNLL memiliki tanggung jawab yang besar. Sebab, serangkaian audit dilaksanakan secara ketat.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil soal Pencatatan Nama Minimal Dua Kata

“Ini telah berjalan mulai dari visioning, menyusun melakukan identifikasi potensi desa, menyusun perencanaan, sampai ke PKS. Ini tugas yang berat karena melakukan pendampingan sekian banyaknya dengan tujuan jangka panjang dan pendeknya,” tuturnya.

Jusman meyakini, program KKM 56 desa dapat memberikan dampak positif terahap pengelolaan sumber daya alam secara keberlanjutan. Sebab pendampingan terus dilakukan agar program berjalan dengan optimal dan memiliki dampak baik kepada kelompok di desa sekitar kawasan. RHT

Komentar

News Feed