oleh

Lurah Kayumalue Ngapa: Ternak Berkeliaran di Jalan Sudah Berkurang

-Kota Palu-dibaca 84 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Lurah kayumalue Ngapa, Madawarni, mengakui, saat ini, masih kerap dijumpai hewan ternak berkeliaran di jalan raya di wilayah Kayumalue Nagapa.

Meski begitu, kata dia, saat ini jumlah hewan ternak yang berkeliaran di jalan raya, tidak seramai sebelum-sebelumnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari kesadaran para pemilik hewan ternak di daerah itu. Selain itu, capaian itu berkat kerja keras pihak Pemerintah Kelurahan Kayumalue Ngapa, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, LPM, PKK, perempuan adipura hingga Risma di daerah itu, itensif mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palu Nomor 17 Tahun 2013 tentang Penertiban Hewan Ternak.

“Hingga kini, kami selaku pihak kelurahan terus melakukan sosialisasi dan mengimbau warga terutama para pemilik hewan ternak, agar dapat menjaga ternaknya tidak berkeliaran di jalan. Hal ini, sesuai juga dengan Perda Kota Palu Nomor 17 Tahun 2013 dan surat edaran Wali Kota Palu pada 4 Januari 2022,” kata Lurah Madawarni kepada Sulteng Raya, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga :   326 CJH Palu Ikut Bimbingan Manasik Haji

Menurutnya, selama sosialisasi, respon masyarakat, khususnya pemilik ternak cukup baik.

Alhamdulillah, respon dari warga terutama pemilik hewan ternak cukup baik, hal ini dapat terlihat dari jumlah ternak yang berkeliaran di jalan semakin berkurang. Sebelumnya, hewan yang berkeliaran cukup banyak dan sekarang hewan yang berkeliaran hanya satu atau dua ekor saja. Yah, walaupun masih ada, tetapi ini adalah kemajuan yang cukup baik, artinya warga memiliki kesadaran diri terhadap sosialisasi yang pihak kelurahan lakukan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan intensifnya sosialisasi penertiban hewan ternak tersebut, dapat meningkatkan kesadaran pemilik ternak agar mengandangkan hewan ternaknya.

“Selaku pemerintah kelurahan, saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, tidak ada lagi hewan ternak berkeliaran di jalan. Karena, hal itu juga dapat berbahaya bagi pengguna jalan dan tentunya sosialisasi tersebut untuk mendukung program Pemkot Palu terkait adipura,” tuturnya. ULU

Baca Juga :   Operasi Gempur, Bea Cukai Pantoloan Amankan 139.800 Batang Rokok Ilegal

Komentar

News Feed