oleh

Kaper Tenny: Pelaporan Banggakencana Wajib Melalui New Siga

-Kota Palu-dibaca 216 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi penerapan aplikasi New Sistem Informasi Keluarga (Siga) sebagai aplikasi unggulan untuk pencatatan dan pelaporan capaian Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) secara real time, Senin (10/1/2022).

Kegiatan yang diinisiasi Sub Bidang Data dan Informasi Perwakilan BKKBN Sulteng itu, bertujuan mempertajam pemahaman tata cara pencatatan dan pelaporan berbasis online ke user kabupaten dan kota se-Sulteng.

“Kegiatan ini memberikan materi bagaimana pengelolaan new Siga. Kalau new Siga tidak berjalan, capaian kita tidak ter-cover dan terlaporkan,” kata Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulteng, Tenny C Soriton, saat membuka kegiatan melalui virtual meeting zoom.

Kaper Tenny menegaskan pentingnya New Siga bagi program Bangga Kencana. New Siga akan menjadi data operasional bagi petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program BKKBN, khususnya program Bangga Kencana.

Baca Juga :   Lagi, Pemkot Palu Raih WTP dari BPK

Terlebih, kata dia, konsep baru by name by address, akan menjadi primadona yang dapat digunakan sebagai dasar kebijakan program pembangunan di seluruh tingkatan wilayah di Sulteng.

“Pengolahan data pada New Siga sudah berprinsip by name by address yang menyediakan data nama dan alamat secara akurat. BKKBN memiliki data yang valid dan terintegrasi bagi seluruh keluarga di Indonesia, baik itu akseptor KB, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), PIK Remaja dan sebagainya,” ucapnya.

Ia menerangka, New Siga akan memanfaatkan hasil Pendataan Keluarga 2021 (PK21) sebagai base datanya, yang berhasil mendata lebih dari 2,5 juta keluarga secara by name by address oleh 4.673 kader di Sulteng. Untuk itu, ia berpesan agar para pengelola data dan informasi di daerah segera menyesuaikan data lamanya dengan yang terbaru versi PK21.

Baca Juga :   Masyarakat Buang Sampah Sembarangan Bakal Ditindak Tegas

“Kami harapkan Januari 2022 betul-betul sudah siap dan sesuai kondisi terbaru di lapangan, pastikan datanya Hasil PK21,” tegasnya.

Disaksikan para peserta kegiatan berasal dari OPD KB kabupaten dan kota, Kaper Tenny menargetkan masing-masing kabupaten dan kecamatan di Sulteng bisa melakukan pengolahan dan pelaporan New Siga secara online.

“Ini wajib diberlakukan di daerah perkotaan serta yang terjangkau jaringan internet,” tuturnya.

Turut hadir sebagai narasumber, Koordinator Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Sulteng, Muh Rosni, Sub Koordinator Data dan Informasi, Indriani, Pranata Komputer, Nurhidayat dan Pengelola Teknis Data dan Informasi, Akbar.HGA

Komentar

News Feed