oleh

Bupati Irwan Apresiasi Bulog Menjaga Ketahanan Pangan di Sigi

-Kab. Sigi-dibaca 312 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Bupati Sigi, Moh Irwan, mengapresiasi Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tengah karena telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menjalankan misi ketahanan pangan daerah.

Menurut Bupati Irwan, selama ini sinergi telah nyata membangun hulu dan hilir sektor pertanian daerah. Artinya, pemberdayaan petani lokal dengan serapan mempuni dari Bulog. Begitu juga saat digelontorkan kepada konsumen asli daerah pula seperti ASN lingkungan Pemkab Sigi dan masyarakat lewat mitra jual Bulog (RPK).

Belum lagi, kata dia, saat ini, Bulog telah meluncurkan merek terbaru mengadopsi kearifan lokal sangat melekat erat dengan Kabupaten Sigi, yakni Beras Maleo. Sebab, kata Bupati Irwan, di Sigi terdapat penangkaran burung endemik Sulawesi Tengan tersebut.

Baca Juga :   ACT Palu Distribusi 80 Mushaf Alquran di Sigi

“Kami juga mengapresiasi atas diluncurkannya brand lokal untuk masyarakat Sulteng yakni Beras Maleo yang katanya akan merepresentasikan kualitas beras daerah, salah satunya seraan dari daerah kami. Ini akan menambah kesempatan petani untuk dilakukan penyerapan hasil produksi lebih intens, sehingga petani mendapatkan harga yang lebih layak,” kata Bupati Irwan dalam momentum launching Beras Maleo dan penandatanganan PKS sejumlah Pemda terkait misi stabilisasi dan penyaluran beras ke ASN belum lama ini.

Bupati Irwan berharap, kerja sama terus terbangun ke depan, untuk misi bersama membangun sektor pertanian berkelanjutan.

“MoU PKS penyaluran beras kepada ASN telah dilakukan perpanjangan. Artinya, kita (ASN) terus membuka kesempatan merasakan beras hasill produksi lokal daerah kita dengan segala skema hulu hilirnya,” ungkap Bupati Irwan.

Baca Juga :   ACT Palu Distribusi 80 Mushaf Alquran di Sigi

Sementara itu, Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita, mengucapkan terima kasih kepada Pemda di Sulteng, termasuk Kabupaten Sigi, karena telah bersama-sama memberikan kesempatan Bulog menjaga ketahanan pangan daerah.

Kerja sama strategis yang telah dibangun, kata dia, akan memberikan keleluasaan pihaknya dalam aksi penyerapan sesuai dengan amanat negara untuk menjaga kedaulatan pangan.

“Saya mengucapkan terima kasih, dan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab yang telah melakukan PKS. Kami mendorong seluruh Pemda di Sulteng untuk melakukan hal serupa untuk meningkatkan serapan beras petani lokal,” tuturnya.

Senada, Pemimpin Wilayah (Pimwil) Bulog Kanwil Sulteng, Basirun, mengatakan, Kabupaten Sigi menjadi salah satu sentra penyangga kebutuhan pangan daerah.

Baca Juga :   ACT Palu Distribusi 80 Mushaf Alquran di Sigi

Potensi produksi petani menurut Basirun sangat besar sehingga harus dimaksimalkan. Skema-skema yang telah terbangun untuk menjaga hulu dan hilir sektor pertanian daerah telah dilakukan Bulog Sulteng yang diharapkan dapat lebih optimal kedepan.

“Penyaluran beras ke ASN dapat membuka kesempatan lebih banyak untuk Bulog menyerap beras petani lokal. Karena saat ini penugasan langsung pemerintah makin minim, Bulog telah bertransformasi menjadi perusahaan dengan mengedepankan inovasi dan peningkatan mutu serapan namun tetap dengan misi stabilisasi,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed