oleh

Malabot Tumbe, Sarana Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal

-Kab. Banggai-dibaca 293 kali

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh.Faizal Mang menghadiri pembukaan Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 di Alun-alun Taman Kota Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sabtu (4/12/2021).

Pada kesempatan itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah,  Moh.Faizal Mang, berharap Festival Malabot Tumbe menjadi sarana dan upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal yang tumbuh di Sulawesi Tengah, khususnya di Banggai Laut. Festival Malabot Tumbe harus dilaksanakan supaya tetap awet, bertahan melintasi ruang zaman dan waktu.

Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 ini akan diselenggarakan mulai tanggal 4 Desember sampai dengan 8 Desember 2021 dan mengusung tema Malabot Tumbe, Konggolio ko Adat Tukon Montolutusan Banggai yang mempunyai arti, Malabot Tumbe, Memperkokoh Adat dan Persaudaraan Masyarakat Banggai.

Baca Juga :   Wabup Banggai Buka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan

Upacara Malabot Tumbe merupakan upacara pengantaran telur Maleo yang melibatkan tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut.

Sementara itu, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengatakan Malabot Tumbe merupakan  simbol kebersamaan dan persatuan masyarakat Banggai, nilai-nilai di dalamnya perlu dilestarikan. 

“Festival Malabot Tumbe juga kami maknai sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh, yang mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan satu kesatuan masyarakat Banggai yang cinta persatuan dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya,”ucap Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa. *WAN

Komentar

News Feed