oleh

Gubernur Sulteng Minta Tingkatkan Penanganan COVID-19 Jelang Nataru

-Kota Palu-dibaca 125 kali

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura meminta agar penanganan dan pencegahan COVID-19 ditingkatkan jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru).

Diketahui, untuk skema penanganan COVID-19 jelang Nataru. Penanganannya berdasarkan Ketentuan Secara Nasional. Pemerintah Pusat Melalui Intruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Untuk melaksanakan ketentuan tersebut, Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura sudah mengeluarkan Intruksi Kepada Bupati dan Walikota, Berupa Intruksi Nomor 443/416/Satgas COVID-19 /2021, Tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Dalam ketentuan tersebut, tegas disampaikan bahwa dalam periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 agar Bupati dan Walikota mengaktifkan kembali fungsi Satgas Penanganan COVID-19 sampai pada tingkat desa.

Baca Juga :   TRUK SAMPAH MINI JEMPUT DI DEPAN RUMAH, Warga Tava Harap Buang Sampah Sebelum Pukul 06.00 Wita

Dalam intruksi tersebut, satgas harus memastikan mematuhi Protokol Kesehatan 5M.

Dalam Intruksi tersebut kata Gubernur, diharapkan pemerintah daerah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mudik Nataru kepada masyatakat perantau dan melakukan pengetatan arus pelaku perjalanan dinas.

Selanjutnya, dalam Intruksi tersebut diminta Bupati dan Walikota , melalui Satgas agar memastikan dan melakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan pada 3 tempat yaitu Gereja/tempat yang difungsikan sebagai tempat Ibadah, tempat perbelanjaan dan tempat wisata lokal.

“Dalam Intruksi tersebut, juga PNS, TNI dan Polri, Pegawai BUMN dilarang mengambil cuti, dihimbau pekerja dan buruh menunda untuk menhambil cuti,” tegas Gubernur.

Selanjutnya, untuk penanganan dan penanggulangan COVID-19 diberlakukan ketentuan PPKM Level 3 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

Baca Juga :   Tahun Ini, Insentif Padat Karya Bakal Naik Lagi

Gubernur akan terus memastikan regulasi ini berjalan baik di Wilayah Sulawesi Tengah melalui Komunikasi Gubernur secara langsung kepada Bupati dan Walikota .

Gubernur mengharapkan, masyarakat agar lebih taat dan patuhi melaksanakan Protokol Kesehatan dan mensukseskan vaksin, karena sampai dengan saat ini dan sampai waktu yang belum ada kepastian bahwa ancaman penularan COVID-19 dengan varian-varian yang telah dirilis secara Nasional dan Internasional ada yang baru dan yang sudah ada belum bisa dipastikan sudah tidak ada.

“Olehnya kesadaran semua masyarakat yang paling utama dan paling sangat strategis dalam penanggulangan COVID-19, ayo jaga kesehatan pribadi, keluarga dan masyarakat kita bersama bisa,” jelasnya. */HJ

Komentar

News Feed