oleh

Kakankemenag Ingatkan KUA Tiga Pedoman Pengelolaan BOP

-Kota Palu-dibaca 110 kali

SULTENG RAYA –  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L Midu, mengingatkan tiga pedoman dalam pengelolaan Biaya Operasional Perkantoran (BOP) secara baik dan benar kepada seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Palu.

Pertama, harus mematuhi aturan yang telah di atur dalam penggunaan BOP.

“Jadi, bila ada pembiayaan di luar aturan yang tak tercantum dalam juknis harap jangan dilakukan,” kata Kakankemenag Nasruddin saat membuka sekaligus memberikan pengarahan dalam kegiatan sosialisasi BOP  KUA tahun 2021, Jumat (3/12/2021).

Kedua, kata dia, setiap kegiatan KUA harus dicantumkan bukti terlampir misal kuitansi perjalanan dinas, foto kegiatan dan sebagainya. Ketiga adalah validitas. Laporan harus lengkap sesuai dengan fakta kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga :   Hewan Ternak di Layana Indah Harap Dikandangkan

“Bila KUA memiliki pengelola BOP, sudah sepantasnya pengelolaan diserahkan kepada mereka. Kepala KUA tidak diperkenankan memegang anggaran sendiri, kecuali mereka pemain tunggal di kantor yang mereka pimpin. Fungsikan pengelola BOP dan jalin kerja sama dalam pembuatan laporan,” kata Nasruddin.

Selain itu, dalam penggunaan BOP KUA harus mengacu petunjuk teknis dari Dirjen Bimbingan masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Petunjuk tersebut mulai dari perencanaan, pengajuan hingga membuat laporan pertanggung jawaban. Menurutnya, di dalam Juknis terdapat elemen yang boleh dibiayai oleh KUA. 

“Kita selaku keluarga besar Kankemenag Kota Palu saling berupaya menjaga marwah kebaikan kantor tempat kita bernaung, Termasuk dalam pelaporan BOP KUA sudah sepantasnya menjadi tanggung jawab masing-masing kepala KUA untuk membuatnya. Saya juga meminta kepada Kepala KUA untuk selalu cermat dan tepat waktu dalam pelaporannya,” tuturnya. HGA

Komentar

News Feed