oleh

Kasus Covid-19 Aktif di Sulteng Tersisa 0,08 Persen

-Kota Palu-dibaca 134 kali

SULTENG RAYA – Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulawesi Tengah mencatat,  jumlah pasien dalam perawatan di daerah itu tersisa 37 orang atau 0,08 persen pada Jumat (3/12/2021).

Dalam laporannya, Pusdatina Covid-19 Sulteng mencatat, terdapat tambahan satu kasus baru di Kabupaten Banggai Kepulauan dan 6 pasien sembuh, masing-masing di Kabupaten Poso empat orang dan dua orang di Kabupaten Buol.

Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Adiman, mengatakan, hingga kini, secara kumulatif, total 47.154 orang terkonfirmasi telah terpapar Covid-19 di Sulteng. Sebanyak 45.515 orang atau 96,525 persen telah dinyatakan sembuh. Kemudian, 1.602 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia atau 3,399 persen.

“Semoga persentase kesembuhan di Sulteng terus meningkat sehingga Sulteng segera keluar dari pandemi Covid-19,” kata Adiman, Jumat malam.

Baca Juga :   Kaper Tenny Luncurkan Pelayanan Mini Pil KB

Sementara itu, berdasarkan laporan harian Pusdatina, 37 pasien Covid-19 dalam perawatan tersebar di delapan kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Banggai Kepulauan 2 orang, Banggai Laut 1 orang, Donggala 1 orang, Parigi Moutong 1 orang, Poso 6 orang, Sigi 11 orang, Tojo Unauna 2 orang, Tolitoli 6 orang dan Kota Palu 5 orang.

Sementara itu, empat kabupaten lainnya dinyatakan nihl kasus Covid-19, yakni Banggai, Buol, Morowali dan Morowali Utara.

Jubir Adiman berharap, meski kasus aktif di Sulteng terbilang sudah sangat kecil, namun ia mengingatkan kepada masyarakat selalu menaati protokol kesehatan dalam beraktivitas.

“Mari kita tetap perketat prokes dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak. Tentunya, yang belum divaksin, silahkan mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas,” ucapnya.

Baca Juga :   Hewan Ternak di Layana Indah Harap Dikandangkan

Sebelumnya diberitakan, meski kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah cukup terkendali, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, mengingatkan kepada masyarakat di daerah itu agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Selain sebagai antisipasi agar tidak adanya penyebaran virus, hal tersebut juga sesuai dengan imbauan Satgas Covid -19 Pemerintah Pusat, yang memperingatkan antisipasi gelombang III Penularan Covid dengan Varian Covid -19 baru.

Terlebih, dalam laporan harian Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid -19 Sulteng, angka kasus belum stabil. Terkadang masih ada kasus baru, meski jumlahnya tidak signifikan.

“Melihat perkembangan penularan Covid yang terjadi saat ini, saya mengharapkan agar masyarakat jangan lalai dan jangan sampai ‘kendor’ untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena, penularan Covid sangat cepat, sehingga harus terus diwaspadai dengan cara seluruh masyarakat bersatu tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Gubernur Rusdy Mastura, Ahad (21/11/2021).

Baca Juga :   TRUK SAMPAH MINI JEMPUT DI DEPAN RUMAH, Warga Tava Harap Buang Sampah Sebelum Pukul 06.00 Wita

Selain itu, Gubernur Rusdy juga meminta kepada Satgas Covid -19, baik provinsi, kabupaten, kecamatan maupun Satgas Covid-19 desa atau kelurahan, terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar patuh melaksanakan prokes.

“Saya ingin mengajak juga seluruh masyarakat Sulteng, khususnya yang belum divaksin, agar mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan cara mendatangi gerai vaksin di Puskesmas dan tempat  yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan vaksin. Kita berharap, target vaksin nasional 90 persen pada akhir Desember 2021 bisa dicapai di Sulawesi Tengah. Ayo! jaga diri, jaga keluarga dan jaga sesama,” kata Gubernur Rusdy. HGA

Komentar

News Feed