oleh

Warga Minta Pemda Donggala Benahi Infrastruktur Pascabencana

-Kab. Donggala-dibaca 564 kali

SULTENG RAYA-Warga di tiga desa di Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala meminta perhatian pemerintah daerah setempat segera membenahi infrastruktur di desa mereka yang rusak parah akibat banjir yang menerjang desa mereka,  Senin (29/11/2021).

Hal itu diungkap warga di hadapan Ketua DPD NasDem Donggala Adha Nadjemuddin saat meninjau sejumlah titik parah terdampak banjir di Dampelas, Kamis (3/11/2021).

“Desa paling parah itu Desa Lembah Mukti, disusul Desa Long, dan Desa Rerang,” kata Adha dihubungi dari Palu.

Dalam peninjauan itu Adha membawa serta anggota DPRD Donggala dari NasDem Ruslan dan rombongan.

Peninjauan itu dilakukan usai menyerahkan bantuan NasDem Peduli kepada korban bencana banjir didampingi pimpinan DPC Dampelas Cipto dan DPRT desa setempat.

Baca Juga :   Pemda Donggala Rakor Persiapan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Menurut Adha, di Lembah Mukti setidaknya tiga jembatan rusak berat, satu diantaranya tidak bisa sama sekali dilalui karena rusak total. “Ada jembatan gantung yang menghubungkan masyarakat ke pusat produksi pertanian terbongkar habis. Tidak bisa sama sekali dilintasi,” jelas Adha.

Jembatan di Dusun V tersebut merupakan urat nadi perekonomian masyarakat setempat, karena satu-satunya jembatan yang menghubungkan dengan pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

“Kalau ini tidak cepat kita atasi kasian masyarakat di sana, mereka akan susah lagi terhubung ke kebun dan sawah mereka,” katanya.

Selain itu, dua jembatan lainnya yang juga rusak yakni Dusun II dan Dusun I Lembah Mukti. Namun dua jembatan tersebut masih bisa dilalui kendaraan dengan ekstra hati-hati karena sudah sudah tergerus air dan penyangganya yang ambrol.

Baca Juga :   Pemda Donggala Rakor Persiapan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Dia mengatakan, jika jembatan itu tidak segera dibenahi maka akan lebih parah dan bisa memutus akses masyarakat ke kebun kelapa dan peternakan.

Sementara di jembatan di Dusun I patah karena ambrol sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Adha mengatakan dirinya telah mengamanahkan kepada anggota DPRD Donggala dari Partai NasDem untuk ikut berjuang memasukkan dalam pembiayaan APBD 2022 terhadap tiga jembatan tersebut. ENG

Komentar

News Feed