oleh

Senat Setujui Pemberhentian Ketua STIE Panca Bhakti Palu

-Pendidikan-dibaca 437 kali

SULTENG RAYA Senat  Akademik  STIE  Panca Bhakti Palu telah mengeluarkan surat keputusan persetujuan pemberhentian Dr.  Husein  Hi.  Moh  Saleh, S.E.,M.S. sebagai Ketua STIE Panca Bhakti Palu.

Keputusan itu diambil setelah melewati  Rapat  Pleno  Luar  Biasa  Senat  Akademik  STIE  Panca Bhakti Palu tanggal 1 Desember 2021.

“Menyetujui  pemberhentian  saudara  Dr.  Husein,  Hi.  Moh  Saleh, S.E.,M.S. sebagai Ketua STIE Panca Bhakti Palu,”bunyi surat keputusan tersebut, ditandatangani Ketua Senat Akademik STIE Panca Bhakti Palu,  Burhanudin Ladjin, S.E.,M.M, tanggal 2 Desember 2021.

Surat keputusan itu juga telah ditembuskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, LLDIKTI Wilayah XVI (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo), Ketua Yayasan Pendidikan Panca Bhakti Sulawesi Tengah, dan Ketua STIE Panca Bhakti untuk dilaksanakan.

Baca Juga :   SD Inpres Watusampu Sosialisasikan Vaksinasi Anak ke Orang Tua

Hal tersebut imbas dari perseteruan antara Senat Akademik dengan Ketua STIE Panca Bhakti Palu yang tidak kunjung selesai, dimana sebelumnya Ketua STIE Panca Bhakti Palu juga telah mengeluarkan SK Nomor: 52/SK/STIE-PB/XI/2021 tentang pencabutan dan pembatalan surat keputusan pengangkatan Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat Akademik STIE Panca Bhakti Palu, disusul SK Nomor: 015/STIE-PB/XI/2021 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian penjabat Struktural Pengelola di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu.

Dimana kedua surat keputusan Ketua STIE Panca Bhakti Palu tersebut dinilai cacat hukum oleh Ketua Senat Akademik STIE Panca Bhakti Palu, terutama tidak sejalan dengan statuta.

Ketua Senat Akademik STIE Panca Bhakti Palu menilai Ketua STIE Panca Bhakti Palu telah banyak melakukan pelanggaran statuta, dan tidak ada etikad baik untuk melaksanakan keputusan-keputusan senat, bahkan telah berkali-kali diundang oleh senat melakukan rapat bersama, namun selalu diacuhkan dan tidak dihadiri. Begitu juga jika Ketua STIE Panca Bhakti Palu melakukan rapat tidak mengundang Senat Akademik.

Baca Juga :   MKKS Kota Palu Kini Dinahkodai Arief

“Sebenarnya upaya Senat Akademik untuk duduk bersama dengan Ketua STIE Panca Bhakti Palu sudah berkali-kali, bahkan mencoba menghadap ke Ketua Yayasan namun belum ada hasil sampai saat ini, sehingga Senat Akademik melakukan Rapat  Pleno  Luar  Biasa  dan menghasilkan keputusan tersebut,”jelas Burhanudin Ladjin, Kamis (2/12/2021).

Katanya, hal ini juga sejalan dengan ketentuan statuta, bahwa  pemberhentian Ketua STIE harus mendapatkan persetujuan oleh Senat Akademik, dan yayasan tinggal mengesahkan, olehnya hasil keputusan Rapat  Pleno  Luar  Biasa  itu juga akan diserahkan ke yayasan untuk dilaksanakan.

Alasan lainnya, karena usia Ketua STIE Panca Bhkati Palu telah memasuki usia pensiun yakni 65 tahun, terhitung tanggal 2 Desember 2021. ENG

Komentar

News Feed