oleh

MONEV PROGRAM NASIONAL, BPOM di Palu Harap Masyarakat Makin Melek ‘Pangan Aman’

-Kota Palu-dibaca 55 kali

SULTENG RAYA – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu sukses menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Program Nasional, Program Gerakan Kemanan Pangan Desa, Program Pangan Jananan Anak Sekolah dan Program Pasar Aman Berbasi Komunitas di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021 di Parigi, Kamis (2/12/2021).

Kepala BPOM di Palu , Agus Riyanto, mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan monev tersebut, program pengawasan keamanan pangan di daerah itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pada keamanan pangan sepanjang rantai pangan mulai dari produksi, peredaran dan konsumsi, yang berawal dari entitas terkecil pada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang telah mendukung dan berperan aktif sehingga pelaksanaan program terpadu berjalan dengan baik dan lancar. Mengingat sangat pentingnya program keamanan pangan, sehingga kami berharap program ini tetap berlangsung secara mandiri dan dapat direplikasi di lokus intervensi lain di Kabupaten Parigi Moutong,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya.

Baca Juga :   TRUK SAMPAH MINI JEMPUT DI DEPAN RUMAH, Warga Tava Harap Buang Sampah Sebelum Pukul 06.00 Wita

Kepala BPOM di Palu juga menjelaskan soal tiga program strategis itu kepada audiens. Pertama, program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), yakni upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan pangan di tengah masyarakat.

“Dengan melaksanakan GKPD, kita meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan sehingga mampu mengawasi keamanan pangan secara mandiri,” katanya.

Kedua, program Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) yakni program yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sekolah. Program itu, kata dia, memiliki kontribusi nyata bagi terciptanya sekolah sehat.

“Diharap dengan adanya sekolah sehat, siswa sebagai peserta didik akan sehat yang akan menunjang keberhasilan peserta didik, keberhasilan ini akan mendukung kemajuan daerah dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Baca Juga :   Sekkot Palu Definitif Dilantik Hari Ini

Lanjutnya, ketiga program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK), yakni program nasional yang dilakukan agar keberadaan pangan di pasar tetap terjamin aman untuk dikonsumsi.

“Pada Kegiatan ini, dilakukan sampling terhadap pangan olahan dan pangan segar yang dicurigai mengandung bahan berbahaya. Selain itu juga dilakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dimana masih dalam masa Pandemi Covid-19, dan memperhatikan izin edar produk pangan olahan serta menjaga kebersihan barang jualan agar tetap aman dan layak dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya. RHT

Komentar

News Feed