oleh

Untad Bentuk Millenial Preneur

-Pendidikan-dibaca 186 kali

SULTENG RAYA-Universitas Tadulako (Untad) membentuk “Millenial Preneur” melalui kegiatan Pelatihan Kewirausahaan “Millenial Preneur” bagi Mahasiswa Tahun 2021 pada  Selasa (30/11/2021). Kegiatan ini  diselenggarakan di Gedung Media Center Untad selama dua hari yakni dari tanggal 30 November dan 1 Desember 2021.

Ketua Panitia Haliadi ,Ph.D mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan wirausaha mahasiswa agar nantinya dapat menjadi wirausaha muda, serta mampu bersaing dalam kompetisi wirausaha secara nasional.

Menurut  Haliadi, kewirausahaan merupakan salah satu poin penting yang perlu dikembangkan di masa depan. Olehnya itu, perguruan tinggi harus memberikan pendampingan kepada mahasiswanya terkait hal tersebut.

“Walaupun dua hari, bukan  waktu yang cukup untuk membahas terkait kewirausahaan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dikemas oleh pemateri sehingga para peserta dapat memperoleh hal yang menarik dan bermanfaat untuk mengembangkan skill kewirausahannya,” kata  Haliadi.

Baca Juga :   IKUTI PROGRAM MAGANG MANDIRI MBKM, Rektor Lepas 93 Mahasiswa Fapetkan

Dalam kesempatan itu, dosen Prodi Sejarah tersebut juga berpesan bahwa mahasiswa selaku wirausahawan muda harus menghargai waktu luang, sebab seorang pebisnis tidak boleh menyia-nyiakan waktu karena dapat menyebabkan kerugian.

Mewakili rektor, kegiatan kewirausahaan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir Sagaf Djalalembah, MP, dalam sambutannya Dr. Sagaf Djalalembah mengemukakan bahwa kewirausahaan merupakan salah satu kurikulum pokok dari tiga pencirian kurikulum di Untad selain Lingkungan Hidup, dan Penguasaan IT dan Bahasa Inggris.

Oleh karena itu, perguruan tinggi sebagai satu sarana dan pemberi fasilitas dalam membentuk generasi muda mempunyai kewajiban dalam melatih, memberi motivasi, serta membangkitkan jiwa mahasiswa dalam berwirausaha. Dengan demikian terciptalah mahasiswa yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu membuat peluang usaha. 

Baca Juga :   IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA, SD Islam Khalifah Rangkul Sejumlah Komunitas

Menurut Dr. Sagaf, sebagai generasi muda, mahasiswa harus mampu melihat peluang dan memanfaatkan kemajuan teknologi  dan globalisasi untuk berwirausaha. Ia menilai, usaha itu bukan hanya soal keuntungan tapi bagaimana menghadapi hambatannya, karena apabila sudah mampu mengatasi hambatan maka keuntungan akan peroleh.

“Satu hal yang penting bahwasanya dalam membangun usaha, modal awal yang perlu dimiliki adalah kemauan. Mudah-mudahan pelatihan ini memberikan rangsangan terhadap hati dan pikiran anak-anakku sekalian untukmenjadi wirausahawan” kata warek Bima.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini diikuti oleh 281 mahasiswa yang terdiri dari perwakilan lembaga di fakultas maupun di tingkat Universitas. Adapun instruktur dalam pelatihan kali ini yaitu Eny Setiowati S.Sos, M. M, CMA, Direktur PT Sinar Gemilang Property yang juga merupakan dosen, praktisi dan penulis buku  serta Drs Agus Wijaya, S.Pd., M.M, direktur Brilian Internasional Training Center Surabaya.ENG

Komentar

News Feed