oleh

Pilketos Perdana SMAIT Al-Fahmi BS Palu Terapkan Sistem Pilkada

-Politik-dibaca 198 kali

SULTENG RAYA – SMAIT Al-Fahmi Boarding School Palu menggelar pesta demokrasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2021/2022, Ahad (28/11/2021).

Kegiatan tersebut diadakan di Masjid Islamic Center Cahaya Hati SMAIT Al-Fahmi BS Palu dengan tujuan memberikan pendidikan demokrasi sejak dini kepada siswa.

Kepala SMAIT Al-Fahmi Boarding School Palu, Nizmah,mengatakan Pemilu yang diadakan di lingkungan sekolah merupakan upaya dunia pendidikan untuk menanamkan sikap demokratis kepada peserta didik dan melahirkan demokrat yang cerdas dan andal.

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, namun semarak dan semangat terasa sangat menggelora bagi para siswa-siswi, karena ini merupakan sebuah momentum bersejarah dan pesta demokrasi pertama yang dilaksanakan.

Kepala SMAIT Al-Fahmi Boarding School Palu, Nizmah menjelaskan bahwa diadakannya pemilihan Ketua OSIS (Pilketos)untuk mengenalkan sistem demokrasi agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin yang amanah dan berintegritas.

“Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan dapat mengetahui sistem demokrasi dan menggunakan hak pilihnya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan asas demokrasi yang LUBER dan JURDIL,” jelasnya.

Nizmah juga berharap agar pemilihan Ketua OSIS yang dilaksanakan perdana ini berjalan dengan baik. Katanya,  siswa harus berani keluar dari zona nyaman, meningkatkan kreativitas, prestasi dan kedisiplinan. OSIS juga diharapkan harus memberi contoh yang baik untuk seluruh siswa.

Tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan bakal calon ketua, dipilih dari kelas XI yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Selanjutnya, dilakukan sesi debat kandidat calon pasangan ketua dan wakil ketua OSIS bertempat di halaman sekolah, para calon menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2021/2022 di depan seluruh insan pendidikan SMAIT Al-Fahmi Palu.

Pemilihan Ketua OSIS tahun ini menghadirkan dua calon ketua dan wakil ketua.  Kandidat Ketua dan Wakil Ketua  nomor 1 yaitu Masyitah Zahranai Salman berpasangan dengan Salwa Chairunnisa dari kelas XI IPA, sedangkan kandidat Ketua dan Wakil Ketua nomor 2 yaitu Ahmad Fathul Hakim berpasangan dengan Moh. Raihan Hidayat yang juga dari Kelas XI IPA.

Pembina OSIS SMAIT Al-Fahmi BS Palu, Naufalmenjelaskan bahwa kegiatan pemilihan umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS selain diikuti siswa-siswi, juga para dewan guru pun ikut serta dalam Pemilu OSIS ini dengan menggunakan hak pilihnya.

“Kegiatan ini didukung oleh seluruh dewan guru, karyawan, dan seluruh siswa-siswi SMAIT Al-Fahmi. Pemilihan langsung ketua OSIS seperti ini, kami kemas seperti Pemilu Kepala Daerah (Pilkada), dari peralatan yang digunakan hingga tahapan pemilihannya pun sama. Kami berharap agar siswa-siswi mengetahui bagaimana memilih pemimpin sesuai hati nurani, serta dapat mengemban amanah dan memajukan program sekolah baik prestasi maupun agama,” jelasnya.

Naufal juga meminta agar kandidat dan tim suksesnya dapat menerima hasil perhitungan suara.

“Saya berharap calon ketua yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi pemimpin yang dapat memberi contoh positif,” katanya.

Naufal pun berharap kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini dapat membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Tingginya angka golput dalam setiap Pilkada harus disikapi dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih kepada siswa. “Kedepannya, siswa-siswi akan menjadi pemilih yang memiliki hak suara dan berkewajiban untuk mengunakannya dengan penuh tanggung jawab dan bijaksana,” kata Naufal. *WAN

Komentar

News Feed