oleh

Gerakan Donggala Mengaji Kembali Diluncurkan di Balaesang

-Kab. Donggala-dibaca 228 kali

SULTENG RAYA-Gerakan Donggala Mengaji yang diinisiasi oleh Adha Nadjemuddin kini kembali diluncurkan di Kecamatan Balaesang, ini adalah kecamatan keempat setelah Kecamatan Sojol, Dampelas, dan Tanantovea.

Peluncuran Gerakan Donggala Mengaji di Balaesang dilakukan di Desa Labean.

“Masyarakat khususnya di Dusun V Labean sangat antusias dengan hadirnya Donggala mengaji ini. Terbukti TPQ yang baru dibentuk kurang dari sebulan itu sudah menerima 40 santri,” kata Adha Nadjemuddin dihubungi dari Palu, Ahad (28/11/2021).

TPQ bernama Almunawwarah tersebut diresmikan Adha Nadjemuddin pada Jumat (26/11/2021) dihadiri tim gerakan Donggala mengaji, aparat pemerintah desa, pengurus TPQ dan masyarakat sekitarnya.

Antusias masyarakat mengembangkan Gerakan Donggala Mengaji juga tampak dari upaya mereka mengadakan bahan bacaan berupa Alquran dan buku Iqro yang dilakukan secara gotong royong.

Menurut Adha, TPQ tersebut dibentuk setelah difasilitasi oleh Tim Gerakan Donggala Mengaji dengan membentuk pengurus dari dan oleh masyarakat setempat.

“Kita berharap pengurus TPQ akan terus mengembangkan TPQ yang ada ini sehingga tidak saja untuk mengelola baca Alquran tapi juga menjadi tempat pendidikan agama,” kata Adha.

Mantan jurnalis Kantor Berita Antara itu mengatakan, ke depan Tim Gerakan Donggala Mengaji akan menyusun kurikulum khusus TPQ sehingga bisa menjadi acuan pelaksanaan pengembangan TPQ di desa-desa khususnya di Kabupaten Donggala dalam rangka pengembangan pendidikan agama Islam.

Pada peluncuran Gerakan Donggala mengaji di Kecamatan Balaesang tersebut, Adha juga menyerahkan insentif untuk guru mengaji di TPQ Almunawwarah.

Program Donggala Mengaji pertama kali diluncurkan di Kecamatan Dampelas, disusul Kecamatan Sojol, dan Tanantovea.

Program ini lahir atas inisiatif Adha Nadjemuddin bersama Ahmad M Ali dan direncanakan akan ditingkatkan menjadi Gerakan Sulteng Mengaji. ENG

Komentar

News Feed