oleh

OJK Sulteng: 71.193 Debitur Perusahaan Pembiayaan Akses Restrukturisasi

-Ekonomi-dibaca 181 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah mencatat, per Juli 2021, sebanyak 71.193 debitur perusahaan pembiayaan mengakses program restrukturisasi hasil dari kebijakan stimulus penanganan Covid-19.

Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sulteng, Wahyu Krisnanto, mengatakan, sektor pembiayaan yang dimaksud yakni seperti perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, dealer, hingga leasing.

“Akibatnya, piutang pembiayaan tercatat sebesar Rp3,87 triliun, meningkat sebesar Rp805 miliar atau 26,26 persen secara year on year (yoy). Namun,  NPF atau penilaian pembiayaan bermasalah terpantau stabil di angka 2,11 persen mencerminan efektifitas kebijakan stimulus OJK melalui POJK 14/2020 yang kemudian diamandemen melalui POJK 58/2020,” katanya belum lama ini.

Baca Juga :   OJK Usulkan TPKAD Punya Proker Sentra Bisnis Berbasis Syariah

Dari angka tersebut, Wahyu juga menjelaskan soal pentingnya kebijakan restrukturisasi bagi keseimbangan bisnis yang saling bertautan antara perusahaan pembiayaan dengan penyalur kredit dalam hal ini perbankan.

“Restrukturisasi pada dasarnya OJK memegang prinsip keseimbangan, kalau restrukturisasi terlalu banyak, itu tidak sehat, tetapi kalau tidak ada restrukturisasi itu juga bisa mengalami bank kolabs juga karena nasabah kesulitan membayar, nanti akan terjadi pemburukan, makanya tetap diadakan restrukturisasi, namun diberikan kepada orang yang tepat,” katanya.

Dikatakannya, industri perusahaan pembiayaan saat ini terpantau mengalami tren perbaikan disebabkan adanya stimulus perekonomian pemerintah dalam bentuk relaksasi pajak kendaraan bermotor yang juga diiringi dengan re-opening aktivitas ekonomi akibat penurunan penyebaran Covid-19. 

Baca Juga :   BERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT, PLN Kembangkan Potensi Desa Wisata Pasir Putih

“Tren restrukturisasi juga semakin menurun, dan ini pertanda perbaikan perekonomian daerah,” katanya. RHT

Komentar

News Feed