oleh

Anggota Permippos di Palu Diharapkan Turut Sukseskan Program Pemkot

-Kota Palu-dibaca 103 kali

SULTENG RAYA – Anggota Perhimpunan Masyarakat Indonesia Pamona Poso (Permippos) di Kota Palu diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk menyukseskan program Pemkot Palu.

“Saya berharap peran Permippos dapat mendinamisasi program Pemerintah Kota Palu. Melalui Permippos, kiranya dapat disampaikan kepada warga Pamona Poso yang ada di Palu untuk bersinergi dalam menyukseskan berbagai program Pemerintah Kota Palu,” kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi mewakili Wali Kota Palu saat membuka Musyawarah Besar (Mubes) Permippos di salah satu hotel di Kota Palu, Sabtu (27/11/2021).

Secara garis besar, kata dia, tema pembangunan Pemkot Palu di bawah kepemimpinan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, bersama wakilnya, dr Reny A. Lamadjido yakni ‘Palu Mantap Bergerak’.

“Pemerintah daerah saat ini dengan semangat Palu Mantap Bergerak memiliki  visi membangun Kota Palu yang mandiri, aman dan nyaman, tangguh, serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemkot Perkuat Pelayanan Berbasis Elektronik

Visi tersebut, katanya akan diimplementasikan dalam 53 program kerja yang terbagi di enam sektor yakni sektor ekonomi, sosial kependudukan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, birokrasi dan keuangan, serta sektor lingkungan.

“Mari kita bersama-sama membangun Kota Palu lebih baik lagi,” katanya.

53 PROGRAM KERJA PEMKOT PALU

Sebagai informasi tambahan, 53 program kerja dimaksud,  terbagi ke dalam enam sektor, yakni Ekonomi, Sosial Kependudukan, Infrastruktur, Birokrasi dan Keuangan, Pelayan Dasar dan Lingkungan.

Sektor Ekonomi, yakni Rp4 Miliar per kelurahan untuk bedah rumah plus modal usaha, Inkubator bisnis berbasis digital per-kelurahan, Penguatan UMKM, Revitalisasi perparkiran Kota Palu, Reformasi dan revitalisasi moda transportasi, Kawasan ekonomi kreatif dan wisata religi, Pembangunan kawasan agrowisata di Layana dan Petobo, Revitalisasi pasar berbasis segmentasi, Wisata pasar ikan Kota Palu, 1.000 Perahu untuk nelayan Kota Palu, Penguatan kerjasama antar pemerintah daerah dan Pembentukan Forum Komunitas Kreatif Kota Palu.

Baca Juga :   Personel Brimob Tingkatkan Profesionalisme Melalui Iman dan Taqwa

Kemudian, Sektor Sosial Kependudukan, yakni Peningkatan kesejahteraan dan kualitas kerja masyarakat padat karya, Pembentukan Badan Pelayanan Rumah Ibadah, Palu Berbagi, Palu Religi, Pengembangan prasarana dan pelestarian seni – budaya, Palu rumah difabel, Event olahraga tahunan Kota Palu dan Event komunitas tahunan anak muda Kota Palu.

Selanjutnya, Sektor Infrastruktur, yakni Pembangunan Kota Palu berbasis bangunan tahan gempa, Pembangunan gudang logistik bencana, Pembangunan Waterfront Park Talise (Monumen Tsunami), Pembangunan kawasan olahraga Kota Palu, Ruang terbuka hijau/public area per-kecamatan dan Pembangunan Gedung Kesenian Kota Palu.

Lalu, Sektor Birokrasi & Keuangan, yakni Audit APBD oleh Auditor Independent (Price Water House), Penerapan E – Goverment, QSL (Quick Service License = Pelayanan Perizinan Cepat), One Touch Info Kota Palu, Penerapan ISO atas pelayanan publik di semua instansi, Peningkatan kesejahteraan pegawai honorer, ASN magang nasional dan Pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akte lahir di kantor kelurahan.

Baca Juga :   MUSYAWARAH IKAHUT UNTAD, Rimbawan Tadulako Berperan Kawal Kebijakan Kehutanan

Selanjutnya, Sektor Pelayanan Dasar terbagi dua, yakni Palu Kota Sehat dan Pendidikan. Progam Palu kota sehat diantaranya, transformasi puskesmas menjadi klinik modern, Satu Kelurahan, Satu Ambulans, BPJS gratis bagi warga tidak mampu dan Tunjangan kesehatan dan santunan duka bagi RT/RW dan petugas Rumah Ibadah.

Sedangkan, sektor pelayanan dasar program sektor Pendidikan, diantaranya, beasiswa Kuliah bagi keluarga tidak mampu se-Kota palu, Reward Sebesar Rp. 2 Miliar bagi SD dan SMP berprestasi, Percepatan peningkatan persamaan kualitas sekolah SD dan SMP se-Kota Palu, Pelatihan tenaga kerja bersertifikasi per-kelurahan, Update berkala kompetensi dan kapasitas guru/pengajar, Bus gratis untuk siswa sekolah dan Program Kepala Sekolah Magang di sekolah ternama di luar Kota Palu

Terakhirn, Sektor Lingkungan, yakni Palu Adipura, Palu Terang, Palu Hijau, Palu Ramah, CSR forum, Satgas Cepat Tanggap (Quick Respons/ Command Center) dan Rp2 Miliar Bagi Kelurahan Mantap. HGA

Komentar

News Feed