oleh

KSM Palupi Siap Jemput Sampah di Depan Rumah

-Kota Palu-dibaca 188 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kelurahan Palupi kini menyediakan jasa pengangkutan sampah melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Lurah Palupi, Muhammad Zakaria, mengatakan, jasa pengangkutan sampah tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan kaisar dan berbayar setiap bulannya.

“Nah, KSM ini dibentuk oleh pihak kelurahan, jadi KSM yang akan bertugas dalam hal pengolahan sampah, pemilahan sampah maupun pegangkutan sampah,” kata Muhamad Zakaria, Selasa (16/11/2021).

Ia menjelaskan, penyediaan jasa angkut sampah menggunakan kendaraan bak terbuka roda tiga itu sebagai upaya pihak kelurahan menangani permasalahan sampah di Kelurahan Palupi, agar menciptakan lingkungan tetap bersih hingga mendukung Palu Adipura.

Namun, kata dia, KSM hanya menjemput sampah di rumah masyarakat yang telah berlangganan. KSM menyediakan lima kendaraan pengangkut sampah.

Baca Juga :   Sembilan Fraksi DPRD Menyetujui Empat Ranperda Palu

“Bagi masyarakat yang berlanggan jasa ini setiap bulan cukup membayar Rp25.000. Jadi untuk masyarakat yang ingin mendaftar jasa pengangkutan sampah dapat berkoordinasi dengan ketua RT masing-masing dan nanti para RT yang akan koordinasikan dengan pihak penganggkut sampah atau pihak KSM,” jelasnya.

Bukan hanya bersinergi dengan KSM saja, pihak kelurahan hingga kini terus berupaya mengimbau masyarakat agar lebih menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan indah dari sampah dan sebagainya, terkhususnya lingkungan rumah masing-masing.

“Setiap minggunya, kami mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan kerja bakti, menanam pohon pelindung di depan rumah, menata kembali tanamannya, membersihkan drainase atau saluran airnya,” jelasnya.

Selain masyarakat, pihak kelurahan juga melakukan kerja bakti bersama padat karya setiap Jumat untuk membersihkan wilayah yang terdapat sampah atau rumput.

Baca Juga :   Peringatan HDI, KSB Gelar Lomba Mewarnai Bagi Penyandang Disabilitas

“Bahkan setiap Sabtu dan Minggu, saya melakukan patroli lingkungan kalau misalnya disalah satu RT ada sampah atau rumput liar akan difoto dan dilaporkan digrup RT/RW, agar RT/RW dapat memperhatikan lingkungannya dan dapat menegur langsung pemilik rumah untuk membersihkan,” ucapnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, pihak kelurahan berharap bahwa kiranya semua pihak maupun masyarakat dapat memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah.ULU

Komentar

News Feed