oleh

KPH Kulawi Bimbing KTH Kelola HHBK Pinus

-Kab. Sigi-dibaca 526 kali

SULTENG RAYA – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan di empat desa yakni Desa Tangkulowi, Desa Lonca, Desa Winatu dan Desa Boladangko, Rabu (24/11/2021).

Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, KPH Kulawi,  Moh Guntur Tayeb, mengatakan, kegiatan Bimtek merupakan agenda reguler yang berorientasi kepada peningkatan kapasitas kelompok tani hutan binaan KPH Kulawi.

Guntur menilai, di empat desa tersebut memiliki potensi tegakan pinus harus dieksplorasi pemanfaatannya menjadi sesuatu bernilai ekonomi lebih tinggi.

“Peningkatan kapasitas ini, akan memberikan gambaran dan referensi soal inovasi, bagaimana memanfaatkan potensi sumber daya dengan baik, yang tentunya berorientasi pada pemanfaatan HHBK dengan prinsip kelestarian,” katanya.

Baca Juga :   Canopy Trail Batal Dibangun di Danau Tambing

Sementara itu, Koordinator Penyuluh KPH Kulawi, Busranuddin, mengatakan, sebagai Penyuluh, pihaknya terus berupaya memberikan pengetahuan terbarukan soal pengelolaan HHBK dari hulu hingga hilir.

Artinya, suatu produk yang dihasilkan dari sumber daya alam, akan diberikan sarana berupa pengetahuan kepada pelaku KTH hingga pada tahap pemasaran.

“Ada tahapan-tahapan yang harus mereka (pelaku KTH) lalui sebelum memasarkan produk, seperti salah satunya perbaikan kualitas produk yang dihasilkan sehingga mampu bersaing, kemudian ketersediaan produk, sebab jangan sampai pasar menginginkan banyak, produknya yang tidak tersedia. Pinus sendiri dapat menghasilkan sejumlah inovasi yang tentunya dapat laris di pasar,” tuturnya.

Acara Bimtek tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Tangkulowi sebagai tua rumah kegiatan, serta Kepala Resort, Herys Mbonohu. RHT

Komentar

News Feed