oleh

Catat! Cara Mewaspadai Modus Phising dan Sosial Engineering Perbankan

-Kab. Poso-dibaca 198 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Branch Manager Bank Mandiri KCP Poso, Gladies Nelry Kambey, didaulat memberikan edukasi terkait modus phising dan sosial engineering kepada sejumlah wartawan yang mengikuti kegiatan edukasi OJK oleh OJK Sulteng di Kabupaten Poso, Rabu (24/11/2021).

Gladies mengatakan, phising merupakan upaya pelaku kejahatan memperoleh informasi penting, seperti usernamepassword, nomor kartu kredit, pin dan sebagainya.

Hal itu, kata dia, jadi bagian pula dari sosial engieering, notabenenya dilakukan oknum tidak bertanggung jawab lewat modus pendekatan sosial kepada debitur perbankan.

Ia menyarankan kepada masyrakat, khususnya peserta jangan pernah mengirimkan informasi sensitif melalui e-mail. Sebab, suatu perusahaan tidak akan meminta informasi sensitif melalui email atau sarana elektronis lainnya yang tidak aman.

Baca Juga :   Satgas Madago Raya Dukung Sogili Tolerunsi Poso 2022

Selanjutnya, jangan memasukkan link apapun pada pesan atau email yang terindikasi phising, selalu menginformasikan kepada pihak bank apabila ada yang demikian.

“Pun demikian, jangan pernah masukkan ID atau password pada suatu halaman web yang terbuka otomatis (pop up) atau dari link. Ketiklah alamat halaman web yang akan dibuka dan selalu hati-hati mengunduh attachment e-mail, karena dapat berisi virus/malwere yang dapat mencuri data sensitif,” katanya.

Ia juga menyarankan kepada nasabah, hendaknya tidak tergoda hadiah disampaikan melalui telepon, SMS, e-mail atau media sosial.

“Sangat banyak modusnya, untuk itu cari informasi ke sumber lain yang terpercaya untuk memastikan kebenaran informasi yang di terima benar-benar dari korporasi yang bersangkutan atau tidak,” tuturnya.

Baca Juga :   Satgas Madago Raya Dukung Sogili Tolerunsi Poso 2022

“Kemudian yang terpenting juga, nasabah diminta untuk tidak memberikan informasi rahasia seperti PIN,  nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, dan kode CVV kepada orang lain,” ujarnya menambahkan. RHT

Komentar

News Feed