oleh

Pengurus IPSM Kota Palu Resmi Dikukuhkan

-Kota Palu-dibaca 141 kali

SULTENG RAYA – Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Palu periode 2021-2025 dan koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kota Palu resmi dikukuhkan di aula Huntap Tondo, Ahad (21/11/2021).

Pengukuhan dilakukan Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Romy Sandi Agung mewakili Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

“Selamat kepada pengurus IPSM Kota Palu bersama koordinator TKSK Kota Palu yang dilantik. Saudara-saudara telah dipercaya untuk menjadi pengurus, artinya, ada amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan harapan agar kedua lembaga ini menjadi lebih solid, lebih baik dan lebih proporsional pada masa-masa mendatang,” ujar Romy saat membacakan sambutan Wali Kota Palu.

Romy menjelaskan, IPSM Kota Palu bersama koordinator TKSK Kota Palu merupakan salah satu elemen masyarakat yang berperan penting dalam mengolah kesuksesan pembangunan kesejahteraan di Kota Palu. Selain itu juga menjadi pionir pembangunan kesejahteraan sosial yang berada dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga :   Brimob Sulteng Razia THM di Palu

Oleh karena itu, diharapkan IPSM Kota Palu bersama koordinator TKSK Kota Palu sebagai organisasi penggerak gerakan peduli berbasis ekonomi berjiwa sosial dengan tujuan umum membangun anak bangsa yang mandiri, dapat mengembangkan kode pelayanan untuk kesejahteraan sosial, membangun gerakan kemandirian dan kemanfaatan sumber daya serta potensi lokal.

Sementara itu, Ketua IPSM Kota Palu, Muhammad Natsir, mengatakan, pengukuhan pengurus IPSM itu menjadi yang pertama di Kota Palu semenjak lahirnya PSM. Secara umum kata dia, eksistensi dari PSM merupakan bagian dari masyarakat yang kemudian diberikan peluang untuk memberikan partisipasi dalam rangka penyelenggaraan program kesejahteraan sosial.

Ia menjelaskan, dalam Permensos Nomor 10 Tahun 2019 PSM diberikan kewenangan untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Keberadaan PSM menjadi bagian dari penyelenggara atau menjadi bagian dari perpanjangan pemerintah dalam penyelenggaraan program kesejahteraan sosial semata-mata memiliki fungsi sebagai relawan.

Baca Juga :   LIBAS 47 KM DALAM WAKTU EMPAT JAM, Bripda Khairunnisa Peringkat Tiga Gegana Virtual Run 2021

“Sebagaimana tercantum dalam Permensos Nomor 10 Tahun 2019 bahwa keberadaan PSM adalah relawan. Relawan yang benar-benar bekerja secara sukarelawan, bersandar pada nilai-nilai kesetiakawanan sosial dan bersandar pada nilai-nilai soliditas sebagai masyarakat indonesia secara utuh. Oleh karena itu, keberadaan kami bukanlah sebagai mediasi terhadap kepentingan-kepentingan apapun tetapi kepentingan kami hanyalah mendukung seluruh program untuk menciptakan kesejahteraan sosial bagi masyarakat indonesia. Mohon dukungan dari seluruh masyarakat dan segenap aparat pemerintahan agar kami bisa secara maksimal memberikan kontribusi terhadap masyarakat Kota Palu pada khususnya. Insyaallah kedepan kami akan menjadi garda terdepan dalam mendukung seluruh program kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Diketahui, total pengurus IPSM seluruh Kota Palu yang dikukuhkan berjumlah 30 orang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Palu Barat, Mantikulore, Ulujadi dan sejumlah lurah. NDY

Komentar

News Feed