oleh

KUATKAN KAPASITAS EKONOMI, Warga Petirodongi Poso Lakukan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

-Kab. Poso-dibaca 211 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Warga Kelurahan Petirodongi, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, kembali mengikuti pelaksanaan pelatihan pembuatan pakan ikan (pelet) yang digelar Forum Keserasian Sosial (FKS) setempat untuk penguatan kapasitas ekonomi warga, Jumat (29/10/2021).

Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan FKS Petirodongi yang merupakan program sinergisitas antar kementerian/lembaga.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Ketua FKS Petirodongi Felbi Mamboyu, Fasilitator Daerah Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga Muh. Ridwan, Perwakilan Pemerintah Kelurahan Petirodongi,  Asmin Tumonggi dan pemateri dari Badan Penyuluh Perikanan Kecamatan Pamona Utara, Adrian Wetesi.

Fasilitator Daerah Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga, Muh. Ridwan  menyampaikan bahwa untuk wilayah Kabupaten Poso terdapat empat lokasi yang melakukan program serupa baik fisik maupun non fisik salah satunya wilayah Petirodongi. Program ini merupakan sinergi antara Kementerian Sosial dan BNPT didukung Pemda Poso melalui Dinas Sosial Poso.

Baca Juga :   Jenazah Brigpol Janwar Dikebumikan di Tanah Kelahirannya Bogor, Meninggal Dunia saat Memburu DPO Teroris Poso

Kata Ridwan, tujuan dari kegiatan ini untuk menangani potensi-potensi konflik dengan target menciptakan kehidupan masyarakat yang harmoni.

Badan Penyuluh Perikanan Kecamatan Pamona Utara, Adrian Wetesi dalam materinya menyampaikan, masyarakat harus bisa memahami bagaimana cara pembuatan pakan ikan pelet.

Menurutnya, manajemen pakan adalah salah satu cara untuk menunjang keberhasilan usaha budidaya ikan. Pakan merupakan faktor penentu keberhasilan budidaya dikarenakan 60 persen modal usaha digunakan untuk membeli pakan, sehingga pakan yang baik pada ikan dalam sistem produksi adalah hal yang penting untuk memproduksi ikan yang sehat dan berkualitas tinggi. 

“Pemilihan pakan yang tepat dapat meningkatkan produktivitas budidaya perikanan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan usaha,” kata Adrian.

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

Ketua FKS Petirodongi Felbi Mamboyu sangat bersyukur dengan adanya program tersebut. Karena selama ini masyarakat sangat membutuhkan pakan ikan yang bisa menunjang ekonomi masyarakat. SYM

Komentar

News Feed