oleh

Walikota Deklarasikan Kelurahan Berdikari Menuju Palu Adipura

-Kota Palu-dibaca 98 kali

SULTENG RAYA – Keinginan Walikota Palu, Hadianto Rasyid mewujudkan Kota Palu meraih Adipura, bukan hanya isapan jempol, kemarin Selasa (26/10/2021), Walikota mendeklarasikan Kelurahan Berdikari Menuju Palu Adipura, di Gedung Graha Sabha Palu, Pura Agung Wana Kertha Jagat Natha.

Walikota Palu juga menghadirkan inisiator Glintung Go Green (3G) sekaligus Owner Rumah Prestasi 3G, Ir. Bambang Irianto, peraih Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di tahun 2018, hasil kerjasama Kesbangpol Kota Palu dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Bambang Irianto sengaja dihadirkan untuk memberikan sosialisasi dan menceritakan kepada seluruh lurah, camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh-tokoh adat yang ada di Kota Palu, apa yang telah ia lakukan sehingga daerah yang pernah dipimpinnya itu menjadi percontohan di Kota Malang dan daerah sekitarnya, serta menjadikan dirinya sebagai peraih Kalpataru.

Baca Juga :   Kemenag Gorut Studi Peningkatan Sistem Informasi KUA di Sulteng

Bambang Irianto sendiri bukan hanya sebagai peraih Kalpataru di Tahun 2018, melainkan juga kini telah menjadi Ikon Pancasila di Indonesia, karena atas implementasi nilai-nilai Pancasila itulah sehingga ia mampu menggerakkan warganya mengubah kawasan kriminal menjadi kawasan wisata di Kota Malang.

Di tempat itu, Walikota Palu mengucapkan terima kasih atas atensi dan keseriusan BPIP menghadirkan tokoh nasional peraih Kalpataru dan Ikon Pancasila itu untuk memberikan edukasi kepada lurah dan camat yang ada di Kota Palu.

“Terima kasih telah menghadirkan Pak Bambang yang membawa perubahan seratus lebih Kelurahan, RT/RW yang ada di sekitarnya, menjadikan kelurahan-kelurahan di sekitarnya mandiri dan berdikari, mampu menggali potensi yang ada di sekitarnya, dengan harapan kelurahan yang ada di Kota Palu juga mampu melakukan hal yang sama,” ujar Walikota.

Baca Juga :   KDRT Masih Mendominasi Kasus Kekerasan Perempuan

Deklarasi ini tidak hanya sampai disitu. Pasalnya, BPIP akan memberikan pendampingan ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Palu untuk mewujudkan perubahan itu.  Nantinya, seluruh lurah yang ada di Kota Palu juga akan diberangkatkan untuk melihat langsung capaian-capaian Kelurahan Berdikari yang ada di Kota Malang.

Bambang Irianto sendiri sebelumnya hanyalah seorang Ketua RW 23 di Kelurahan Purwantoro Kota Malang, namun apa yang ia lakukan bersama warga Glintung (kawasan RW 23, Kelurahan Purwantoro Kota Malang) kini membuahkan hasil.

Banyak apresiasi yang datang dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Tak heran jika kemudian komunitas masyarakat juga mendatangi Glintung untuk belajar manajemen pengelolaan kampung perkotaan.

Baca Juga :   Perdagangan Batu dan Pasir Antara Sulteng-Kaltim Melalui Satu Pintu

Dimana masyarakat sekitar Glintung kini berdikari dari sisi ketahanan pangan, memanfaatkan lahan yang ada. Gerakan ini sukses lantaran mind set masyarakat terpolarisasi dengan baik, tanpa harus menunggu bantuan maupun dorongan pemerintah. ENG

Komentar

News Feed