oleh

Prof. Rokhmin Dahuri Harapkan Lulusan Untad Jadi Pengusaha

-Pendidikan-dibaca 139 kali

SULTENG RAYA Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, berharap agar lulusan Universitas Tadulako (Untad) lebih memilih jadi pengusaha dari pada jadi Pegawai Negeri Sipil.

Karena negara Indonesia saat ini masih sangat membutuhkan pertumbuhan dunia usaha, salah satu syarat dan indikator bangsa itu makmur jika jumlah pengusaha di negara itu paling tidak tujuh persen, sementara berdasarkan data yang ada di tahun 2014, pengusaha di Indonesia baru sekitar tiga persen dari seluruh populasi penduduk Indonesia.

Jumlah ini, kata Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB itu masih sangat kecil, olehnya untuk mendorong pertumbuhan dunia usaha, para alumni perguruan tinggi harus bisa mengubah pola pikir, tidak menjadi sarjana pencari kerja, melainkan menjadi sarjana pencipta lapangan kerja, dengan cara membuka usaha.

Baca Juga :   Prodi Magister Ilkom Untad Upayakan Percepatan Akreditasi

Hal itu diungkapkan Prof Rokhmin Dahuri saat membawakan orasi ilmiah pada prosesi wisuda Untad periode 102-106, Senin (25/10/2021).

Sebagai seorang muslim kata Prof Rokhmin Dahuri, perlu belajar dari perjalanan hidup Rasulullah Muhammad SAW, dimana Rasulullah 32 tahun menjadi seorang pengusaha, berawal dari usia delapan tahun belajar berwirausaha dari pamannya Abu Thalib, hingga berusia 40 tahun.

Di usia 40 tahun Rasulullah menerima risalah kenabian, diangkat jadi Nabi dan Rasul, sehingga lebih memfokuskan diri menyebar risalah dakwah, hingga wafat di usia 63 tahun.

“Artinya lebih lama Nabi menjadi sorang pengusaha dari pada menjadi Nabi dan Rasul, karena 32 tahun jadi pengusaha, sementara menjadi Nabi dan Rasul hanya 23 tahun,”ujar Prof. Rokhmin.

Baca Juga :   Untad-Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat

Namun sayang katanya, banyak keluarga umat muslim di dunia, bukan hanya di Indonesia, lebih mendorong anak-anaknya menjadi pegawai negeri dari pada mendorong jadi pengusaha, padahal sebagai seorang muslim, menjadi seorang pengusaha adalah bagian dari mengikuti dan mencontohi perjalanan hidup Nabi Muhammad.

“Untuk itu, saya ingin lulusan Untad kali ini membangun Indonesia dari titik baliknya, yaitu kalian lebih banyak jadi pengusaha ketimbang PNS, karena pengusaha itu bukan mencari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja, bukan hanya untuk kamu, tapi juga untuk orang lain,”pesan Prof Rokhmin.

Terlebih katanya, jumlah penduduk Indonesia itu terbesar keempat di dunia, artinya apa saja dijual di negeri ini, peluang untuk laku sangat besar.

Baca Juga :   SMPN 12 Targetkan Vaksinasi Pelajar Segera Capai 100 Persen

Di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili oleh PJ Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, Faisal Mang, mengatakan agar para lulusan Untad tidak terlalu berharap menjadi PNS, selain karena persaingan yang semakin ketat, juga  menjadi PNS belum tentu menjadi orang yang sukses.

“Saya harap saudara bisa berpikir matang-matang,”pesan Faisal.

Justru ia lebih mendorong para lulusan itu untuk menekuni profesi lain, seperti membuka usaha menjadi sorang pengusaha, karena selain untuk diri sendiri, juga itu bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain.  ENG

Komentar

News Feed