oleh

LPM UIN DATOKARAMA PALU, Rekrut dan Tingkatkan Kemampuan Kapasitas Auditor Internal

-Pendidikan-dibaca 137 kali

SULTENG RAYA-Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu kembali melakukan peningkatan kemampuan Auditor Mutu Internal, dalam rangka memastikan dan menjamin pelaksanaan mutu akademik berjalan dengan baik di lingkungan perguruan tinggi itu.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 53 orang peserta Auditor, terdiri dari 24 orang Auditor rekrutmen baru dan 29 orang Auditor refreshment (Penyegaran),dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 23, 24, dan 30 Oktober 2021.

Wakil Rektor III UIN Datokarama Palu Dr. Muhammad Idham, mewakil rektor dalam pembukaan kegiatan itu berharap, agar seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut hingga tuntas, serta memperhatikan dengan baik setiap materi yang dibawakan olah para pemateri.

Ia mengingatkan bahwa kerja-kerja penjaminan mutu itu adalah kerja kolektif, dan perlu dipahami bahwa segala sesuatunya akan mengalami perubahan, kecuali perubahan itu sendiri. Sehingga UIN harus bisa menyesuaian diri dengan perubahan itu, termasuk berkaitan dengan penjaminan mutu.

Baca Juga :   UIN Palu-IAKN Toraja Kerja Sama Penguatan Moderasi Beragama

Para auditor juga diharapkan agar betul-betul bekerja dengan objektif, sekalipun yang mereka audit itu adalah perguruan tinggi sendiri, namun tetap membutuhkan prefesionalisme dan independensi, tidak melihat siapa yang diaudit, sehingga benar-benar fokus pada tugas yang diamahkan. “Auditor harus punya jiwa prefesionalisme dan independensi dalam menjalankan tugas-tugasnya, sekalipun itu auditor internal, agar hasilnya betul-betul objektif,”pesan Dr. Muhammad Idham, saat membuka kegiatan, Sabtu (23/10/2021).

Sementara itu, Ketua LPM UIN Datokarama Palu, Dr. H. Askar, M.Pd menyampaikan, bahwa audit mutu internal di lingkungan perguruan tinggi telah menjadi kata kunci dalam peningkatan mutu. Dimana salah satu tanggungjawab perguruan tinggi itu adalah jaminan mutu akademiknya, oleh karena itu kegiatan kali ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan auditor untuk memastikan atau paling tidak memberikan jaminan pelaksanaan akademik di lingkungan UIN Datokarama Palu berjalan dengan baik.

Baca Juga :   DORONG PENGEMBANGAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA, Prodi Administrasi Publik Fisip Untad Menggelar Pasar Wirausaha

Sehingga nantinya audit mutu internal ini betul-betul terlaksana dengan baik sesuai dengan peruntukannya, berdasarkan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) pasal 3 ayat 2.e yang menyatakan bahwa sistem penjaminan mutu internal harus selalu dikembangkan dan diselenggarakan dengan mengacu kepada SNPT.

Ia juga menguraikan, bahwa dalam kegiatan ini terdapat 24 Auditor rekrutmen baru diikutkan dalam pelatihan, agar benar-benar siap melaksanakan audit mutu di UIN Datokaram Palu. “Rekrutmen Auditor Internal bertujuan agar tersedia tim Auditor Internal sesuai dengan yang dibutuhkan UIN Datokaram Palu, serta pelatihan bagi mereka agar terdapat persamaan persepsi terkait sistem penjaminan mutu dan proses audit di lingkup UIN Datokarama Palu,”jelas Askar.

Sementara 29 orang Auditor senior mengikuti refreshment, hal ini juga dibutuhkan karena berkaitan dengan tuntutan dan perubahan dunia saat ini, dimana hampir semua sudah bersentuhan dengan teknologi informasi, maka para auditor juga harus bisa menyesuaikan diri.

Baca Juga :   Kepsek Minta Orangtua Dukung Vaksinasi Pelajar

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, dimana pemeteri yang dihadirkan berasal dari Universitas Negeri Malang melalui Online, sementara peserta dihadirkan secara langsung (ofline) dalam satu ruangan, dengan harapan kondisi tersebut tidak mengurangi kompetensi-kompetensi yang diharapkan.

“Sedianya dilaksanakan dalam bentuk ofline, tetapi karena kondisi belum memungkinkan, sehingga dilaksanakan secara hybrid, pemeterinya online, pesertanya disatukan dalam satu ruangan dengan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan kondisi PPKM Level II Kota Palu, dengan harapan kondisi tersebut tidak mengurangi kompetensi-kompetensi yang diharapkan dalam kegiatan ini,”harap Askar.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemateri yang sudah bersedia dan mau meluangkan waktu memberikan penguatan kepada para Auditor UIN Datokarama Palu, dengan harapan kedepan kegiatan seperti ini sudah dapat dilangsungkan secara ofline, menghadirkan secara langsung pemeteri di kampus UIN Datokarama Palu. ENG

Komentar

News Feed