oleh

Wisata Alternatif di Air Terjun Loto

-Kab. Donggala-dibaca 123 kali

SULTENG RAYA – Kawasan wisata air terjun Loto yang terletak di Desa Loli Tasiburi, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, bisa menjadi alteratif bagi wisatawan lokal.

Selain memiliki air terjun alam setinggi kurang lebih 12 meter, di kawasan wisata ini juga terdapat spot panjat tebing alam dan kolam renang.

Tidak hanya itu, kawasan wisata air terjun Loto, juga terdapat sejumlah fasilitas, mulai dari gazebo yang ukurannya cukup besar hingga kecil, gazebo tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan rapat atau pertemuan outdoor atau sekedar bersantai.

Dengan sejumlah fasilitas yang sudah ada, kawasan wisata air terjun Loto ini bisa menjadi wisata alternatif bagi wisatawan lokal, karena memiliki sejumlah spot wisata, mulai dari air terjun, kolam renang dan panjat tebing alam.

Baca Juga :   Bulog: Pasar Murah di Donggala Dapat Animo Tinggi Masyarakat

Selain itu, lokasi wisata air terjun Loto ini hanya berjarak sekitar 21 kilometer dari kota Palu dengan waktu tempuh selama 27 menit.

Hanya dengan modal empat ribu rupiah harga tiket masuk dan parkir kendaraan, wisatawan sudah bisa menikmati indahnya kawasan air terjun Loto.

Kepala Desa Loli Tasiburi, Suaib menjelaskan, wisata alam Loto ini mulai dibuka sejak tahun 2019, melalui badan usaha milik desa, atas usulan dan permintaan masyarakat saat pelaksanaan Musrembang Desa tahun 2017.

“Semakin hari pengunjung di kawasan wisata ini semakin ramai-ramai, untuk itu kami juga akan menambah sejumlah fasilitas diantaranya kolam renang khusus anak dan melakukan penataan terhadap penjual makanan tradisional,” jelasnya.

Baca Juga :   KPU Donggala Gandeng Ombudsman Perkuat Penerapan Pelayanan Publik

Kata dia, dengan adanya lokasi wisata ini juga telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, bahkan menjadi sumber pendapatan asli desa.

Untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung, pihaknya akan terus menambah fasilitas di kawasan wisata ini, sehingga kedepannya wisata ini bukan hanya diminati oleh wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing.

Sementara, salah seorang penggiat Panjat Tebing Alam, Syaifullah menjelaskan, spot panjat tebing di  area Wisata Loto ini merupakan salah satu spot panjat tebing terbaik di Sulawesi Tengah.

“Lokasi ini menjadi pilihan kami, karena jaraknya yang sangat dekat dari Kota Palu, kemudian kondisi alamnya juga masih terjaga,” jelasnya.

Saat ini kata dia, sebagian besar komunitas panjat yang ada di sekitar Kota Palu, secara rutin  melaksanakan kegiatan panjat tebing alam di kawasan wisata Loto ini.

Baca Juga :   Warga Minta Pemda Donggala Benahi Infrastruktur Pascabencana

“Pokoknya lokasi ini menjadi salah satu lokasi Panjat Tebing alam yang rekomended, bahkan masih banyak Spot yang alami dan belum terbuka,” ucapnya. ADK

Komentar

News Feed