oleh

Pemkot Palu Akan Launching Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila

-Kota Palu-dibaca 153 kali

SULTENG RAYA- Pekan ini, Pemerintah Kota Palu akan melaunching pencanangan prototype secara nasional Kota Palu dalam rangka Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila, kerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kegiatan tersebut, akan dilaksanakan Kamis (28/10/2021), dengan menghadirkan sejumlah pihak dari kementerian, diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Menko PKM, dan BPIP sendiri.

Namun sebelum launching pencanangan tersebut, ada sejumlah rangkaian kegiatan sehubungan dengan  Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila itu, diantaranya lomba konten kreatif dan film pendek bertemakan aktualisasi Pancasila ditujukan ke generasi millenial, yang berisikan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat meliputi pandai berterimakasih, pandai memohon maaf, pandai memberikan penghargaan, bertanggungjawab dan tindakan.

Pemenang lomba tersebut ditentukan hari ini Senin (25/10/2021) melalui rapat dewan juri di salah satu cafe Jalan Mangunsarkoro Kota Palu.

Baca Juga :   Kemenag Gorut Studi Peningkatan Sistem Informasi KUA di Sulteng

Berikutnya, besok Selasa (26/10/2021) Deklarasi Kelurahan Berdikari menghadirkan seluruh lurah, camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Ketua Lembaga Adat yang ada di Kota Palu, bertempat di Pura Agung Wana Kertha Jagat Natha, di samping Kampus Unismuh Palu.

Kepala Kesbangpol Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengatakan Kelurahan berdikari sendiri adalah pembinaan kelurahan untuk aktualisasi nilai-nilai Pancasila berbasis sosial, ekonomi dan budaya.

“Ini semua nantinya ada kaitannya dengan Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila itu,”ujar Ansyar, Sabtu (23/10/2021).

Sementara puncak kegiatan hari Kamis (28/10/2021) dilaksanakan seminar membangun kolaborasi pendidikan politik berkarakter Pancasila, menghadirkan pihak dari Kemendagri, Menko PMK, kemudia BPIP selaku pembicara, di salah satu hotel di Kota Palu.

Baca Juga :   Dokumentasi Pemilu dan Pilkada Bisa Diakses di Web KPU Kota Palu

“Kita juga sudah berupaya mengundang semua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se Indonesia, melalui mendagri, kita berharap mereka mengeluarkan radiogram. Begitu juga Kepala Kesbangpol se Sulawesi Tengah, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama se Sulawesi Tengah, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan se Sulawesi Tengah, dan ditambah dengan pemangku kepentingan lainnya yang ada di Kota Palu,”jelas Ansyar.

Sekaligus katanya, dikegiatan ini memperkenalkan mutiara bangsa berasal dari Kota Palu yang disebut Muasala Pale, ini adalah salah satu kearifan lokal yang mengandung arti bergandengan tangan atau dalam bahasa Pancasila Gotong Royong.

Katanya, ini sudah ada dan tumbuh dari generasi ke generasi  jauh sebelum bangsa ini merdeka, namun akhir-akhir ini mulai menghilang terguras  perkembangan teknologi informasi.

Baca Juga :   Terpidana Korupsi Masjid Raya Buol Dieksekusi

Sementara puncak kegiatan sore harinya launching pencanangan Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila oleh Wali Kota Palu, sekaligus launching duta Pancasila berasal dari anggota Paskibraka tahun 2021, di Taman GOR Palu

“Golnya ini adalah bagaimana kita mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila itu di masyarakat, karena tantangan kita dalam aktualisasi pada Pancasila saat ini sangat luar biasa dengan adanya perkembangan teknologi informasi, dengan perkembangan pergaulan. Maka kita menyasar sebagian besar kaum millenial, tanpa melupakan peran-peran para tokoh,”urai Ansyar. ENG

Komentar

News Feed