oleh

HUT KKP KE-22, BKIPM Palu Gandeng PMI Gelar Aksi Donor Darah

-Kota Palu-dibaca 182 kali

SULTENG RAYA – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Palu, menggelar kegiatan donor darah di Kantor Stasiun BKIPM Palu, Jalan Angkasa No. C6 Kota Palu, Jumat (22/10/2021).

Kegiatan kemanusiaan itu, diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Tema Ekonomi Biru Untuk Indonesia Maju.

“Dalam tema tersebut dikembangkan ada empat pilar besarnya, pertama berkaitan dengan eksploraya, kedua terkait Bintek Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ketiga pelaksanaan impres 01 terkait dengan ketikan domestik dan keempat menggalakkan pengusaha-pengusaha dalam peningkatan gizi, dan donor darah ini merupakan bagian dari empat kegiatan tersebut,” kata Kepala BKIPM Palu, Hamzah kepada Sulteng Raya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :   TP3 Kabonena Siap Jemput Sampah di RT 04/RW 04

Hamzah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah untuk masyarakat Kota Palu, terutama dimasa pandemi COVID-19. Karena pada kondisi seperti ini ketersediaan darah cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

“Momen donor darah di hari HUT KKP ini merupakan momen yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu khawatir dan ragu untuk mendonorkan darah di masa pandemi, karena protokol sudah disiapkan oleh PMI untuk menjamin bahwa kegiatan ini baik dan aman untuk dilaksanakan,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kantor BKIPM untuk masyarakat dan juga pegawai BKIPM Palu, karena telah bersedia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

Baca Juga :   Bahas Lima Ranperda, DPRD Palu Bentuk Dua Pansus

“Kami berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat diteruskan di tempat-tempat lain dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk manjadikan donor darah ini bagian dari gaya hidup sehat, serta menjadi inspirasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat serta kepedulian terhadap sesama,” lanjut Hamzah.

Selain itu kata Hamzah, sebelum menjadi calon pendonor, PMI juga telah mengeluarkan protokol pelaksanaan donor darah di masa pandemi COVID-19. “Kami juga sudah menerapkan beberapa prosedur yang akan dijalani untuk para calon pendonor darah, seperti manjalani pengecekan kadar Hemoglobin (Hb) dan tekanan darah, menjalani pemeriksaan kesehatan, dan pendonor juga wajib menggunakan masker,” jelasnya

Selain menjalani prosedur tersebut, setiap pendonor juga harus memenuhi persyaratan seperti, sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 45 kilogram (Kg), untuk perempuan tidak sedang masa Haid, memiliki kadar Hb normal, yaitu 12,5-17,0 g%, tekanan darah dalam batas tekanan sistolik 100-170 mmHg dan diastorik 70-100 mmHg. MG1

Komentar

News Feed