oleh

Tips dan Trik Wanita Berkendara Motor

-Ekonomi-dibaca 80 kali

SULTENG RAYA – Sepeda motor menjadi alternatif berkendara praktis baik untuk pria maupun wanita.

Apalagi, kini sepeda motor matik semakin unggul, dengan adanya varian produk 125 cc dengan body ramping, sehingga lebih ringan untuk digunakan wanita, ditambah fitur canggih, sehingga semakin mempermudah wanita.

Namun, keunggulan tersebut seringkali diabaikan penggunanya. Maka itu, Yamaha memberikan beberapa tips dan trik menambah pemahaman pengendara sepeda motor, khususnya bagi wanita.

“Sebagai salah satu produsen sepeda motor, menjadi kewajiban kami untuk aktif dalam memberikan pemahaman terkait teknik berkendara yang tepat untuk mendukung kemudahan penggunaan sepeda motor, khususnya bagi kaum wanita,” kata Manager Public Relation & YRA, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, dalam keterangan tertulis kepada Sulteng Raya, Kamis (21/10/2021).

“Yamaha memiliki sepeda motor matik kapasitas 125 cc dengan fitur yang canggih dan praktis, seperti Yamaha GEAR 125 dengan beragam keunggulan namun seringkali diabaikan. Maka, kami harap melalui tips dan trik yang kami berikan dapat semakin mempermudah dan menambah wawasan baru bagi seluruh pengguna sepeda motor, khususnya para wanita,”ujarnya menambahkan.

Bagi wanita mengendarai sepeda motor kini menjadi hal yang lumrah, namun seringkali mengabaikan beberapa hal saat berkendara, seperti perlengkapan berkendara, meletakkan kunci sepeda motor, membawa barang, melewati kemacetan di tanjakan, melewati jalan rusak, mengisi bahan bakar, mencari motor saat parkir, serta parkir sepeda motor dengan standar tengah.

Baca Juga :   CEK HARGA KE POLOSOK, Bea Cukai Pantoloan Edukasi Masyarakat Soal Rokok Ilegal

Berikut beberapa tips dan trik berkendara untuk para wanita yang dapat diaplikasikan dengan mudah bersama motor Yamaha GEAR 125, diantaranya :

  1. Memastikan perlengkapan berkendara, seperti membawa dokumen berkendara (STNK, SIM, KTP) serta menggunakan pakaian yang nyaman dan tertutup (masker, sarung tangan, jaket, helm tertutup, sepatu) untuk menghindari polusi, udara dingin atau panas, serta cedera saat berkendara.
  • Membawa barang pada bagasi atau bagian depan motor. Hindari meletakan barang diatas tangki bahan bakar karena dapat menutup saluran pernafasan tangki dan bisa membuat mesin tidak bisa dihidupkan. Jika sering membawa banyak barang, dapat ditempatkan di dalam bagasi, atau dapat memanfaatkan gantungan (double hook) serta rak pada bagian depan Yamaha GEAR 125.
  • Seringkali wanita takut dan lelah jika melewati kemacetan di jalan agak menanjak, karena membutuhkan usaha untuk menarik rem terus-menerus. Hal ini dapat diminimalisir dengan memanfaatkan fitur Smart Lock System yang sudah ada pada seluruh produk generasi 125 Yamaha. Fitur ini dapat menahan motor yang berhenti pada jalan menanjak sehingga pengendara tidak perlu menarik rem secara terus-menerus, serta dapat menahan motor lebih stabil ketika parkir di tempat yang tidak rata.
  • Turunkan kecepatan ketika ketika melewati jalan rusak, hindari jalan berlubang dan genangan air. Saat menghindar, pastikan tidak mengganggu kendaraan lain di belakang.
  • Bagi pengendara yang seringkali lupa lokasi parkir sepeda motor, dapat memanfaatkan fitur Answer Back System yang ada pada produk Yamaha GEAR 125,  untuk membantu menemukan lokasi parkir dalam radius 20 meter.
  • Apabila berkendara dengan membawa anak, pastikan posisi kaki anak berada dibagian pijakan kaki anak yang telah disediakan. Yamaha GEAR 125 adalah motor yang ramah untuk penumpang anak dengan tambahan pijakan kaki untuk anak, sehingga anak tidak lelah saat di bonceng.
  • Dan yang terakhir, parkir dengan menggunakan standar tengah yang terdengar sederhana namun menjadi tantangan bagi kaum wanita karena dianggap membutuhkan tenaga yang kuat, padahal kita hanya perlu mengandalkan berat badan saat melakukannya.
Baca Juga :   Erupsi Gunung Semeru, BRI Salurkan Bantuan Tanggap Bencana

Berikut beberapa tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) untuk menggunakan standar tengah pada sepeda motor :

  1. Posisikan motor pada bidang yang datar agar motor lebih seimbang dan ringan saat menggunakan standar tengah.
  2. Posisikan tubuh berdiri pada samping kiri motor.
  3.  Posisikan tangan kiri memegang handle kiri dengan jari siap pada tuas rem, sedangkan posisi tangan kanan siap pada behel jok belakang.
  4. Lepaskan standar samping, pastikan motor berdiri tegak, dan luruskan roda depan.
  5. Injak tuas standar tengah dengan kaki kanan, karena memiliki kekuatan yang lebih baik saat menginjak tuas standar tengah.
  6. Rasakan kedua tuas standar tengah menapak pada bidang datar.
  7. Angkat kaki kiri perlahan saat kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Gunakan bantuan berat badan saat menginjak tuas standar tengah.
  8. Tangan kiri menarik handle kiri ke arah belakang dan tangan kanan membantu mendorong dengan gerakan ke arah belakang.
  9. Setelah berhasil, posisikan sepeda motor sesuai dengan arah yang benar. Tetap utamakan keamanan dengan posisikan handle ke kiri, lalu kunci sepeda motor.
Baca Juga :   Petani di Sulteng Cuan, NTP Terus Tunjukkan Tren Positif

Teknik kemudahan penggunaan standar tengah ini dapat diaplikasikan pada semua jenis motor. Keuntungan menggunakan standar tengah pada sepeda motor memiliki beberapa manfaat, seperti efisiensi tempat saat parkir, motor lebih stabil sehingga tidak mudah jatuh ketika tersenggol, membantu ban bergerak bebas saat penggantian ban atau mengisi angin. Maka dari itu, pengguna sepeda motor wajib mengetahui cara menggunakan standar tengah dengan tepat

Selamat mencoba dan terus menang banyak dengan tips dan trik berkendara bersama Yamaha. Pastikan kondisi motor dan tubuh dalam keadaan prima sebelum berkendara.HJ/RHT

Komentar

News Feed