oleh

PROGRAM SELAMA PANDEMI COVID-19, Kesehatan Napi di Lapas Kelas II A Palu Rutin Dikontrol

-Kota Palu-dibaca 90 kali

SULTENG RAYA – Mencegah penyebaran Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu bekerja sama Puskesmas Bulili melakukan kontrol atau pemeriksaan kesehatan rutin pada narapidana (napi).

“Yah, setiap Kamis para Napi akan melakukan kontrol atau pemeriksaan kesehatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Bulili. ini bertujuan untuk memastikan para Napi tetap dalam kondisi yang sehat. Nah, jika dokternya atau tenaga medisnya berhalangan datang, maka pemeriksaan akan digeser di hari lainnya,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Palu, Gamal Bardi, Kamis (21/10/2021).

Selain pemeriksaan tersebut, selama pandemi Covid-19, para napi rutin diberi masker dan vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

“Bahkan jika ada hal yang tidak bisa ditangani di poli klinik Lapas, kami akan membawanya ke rumah sakit yang ada. Karena kami harus siap mulai regu jaga hingga tim medisnya. Selain itu, jika  ada tanda-tanda  mereka panas atau flu akan dilakukan swab antigen,” jelasnya.

Baca Juga :   Perayaan Ibadah Natal PWGT Klasis Sulteng Mematuhi Prokes

Selain itu, para napi juga sering diajak berolahraga  dan berjemur setiap pagi.

“Karena para Napi mengetahui kondisi pandemi, secara otomatis mereka melakukan aktivitas berjemur setiap pagi, berlari dan berjalan mengitari halaman Lapas. Harapannya, para napi tetap berolahraga dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ucapnya.

Sementara itu, hingga kini pelayanan di Lapas masih sama, pengunjung dengan napi belum dapat bertatap muka. Pelayanan kunjungan masih secara online yaitu video call maupun telepon antarkeluarga, serta dilakukan asimilasi rumah dalam hal mengurangi jumlah populasi.

“Kalau ada pengantaran barang dari keluarga hanya bisa dititip kepada petugas untuk diberikan kepada napi yang dituju,” tuturnya. ULU

Komentar

News Feed