oleh

PKB Sulteng Agendakan Sejumlah Kegiatan Rayakan Hari Santri

-Politik-dibaca 137 kali

SULTENG RAYA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tengah, merayakan hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021 dengan sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya adalah bakti sosial berupa vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. Kemudian, pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum di Pondok Pesantren Kabeloa, Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Selasa (19/10/2021) kemarin, dengan melibatkan lebih dari 200 orang peserta.

Wakil Ketua DPW PKB Sulteng, sekaligus Sekretaris Panitia, Jayadin Djuhaepa mengatakan, PKB selalu hadir memberikan yang terbaik bagi masyarakat di sekitar pesantren di hari santri seperti ini.

“Ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangkan perayaan hari santri,”ujar Jayadin.

Sekaligus katanya, vaksinasi Covid-19 ini adalah bagian dari bentuk dukungan PKB terhadap program pemerintah mendorong terwujudnya Herd immunity di masyarakat, agar masyarakat dapat hidup berdamai dan berdampingan dengan covid-19. Karena banyak hal yang berdampak jika kesehatan masyarakat terganggu, termasuk kesejahteraan.

Selain bakti sosial, Kamis pagi ( 21/10/2021) , bertempat di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi diadakan sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren dan Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren oleh Wakil Ketua Dewan Syuroh DPP PKB, Prof. Dr. KH. Manarul Hidayah, MA.

Selain itu, di tempat yang sama juga diadakan sosialisasi tentang Rancangan Perda Pesantren oleh Direktur Pascasarjana UIN Datokarama Palu, Prof.Dr. Rusly, S.Ag., M.Soc dan  Ketua Fraksi DPRD PKB Sulteng, Aminullah BK.

Perlu diketahui kata Jayadin, bahwa ketiga regulasi itu, mulai dari UU Pesantren,  Perpres Nomor 82 Tahun 2021 dan Rancangan Perda Pesantren adalah usulan dan inisiasi dari PKB. “Semuanya itu adalah hasil perjuangan PKB,”sebut Jayadin.

Selanjutnya, di hari yang sama di sore harinya, bertempat di Sekretariat DPW PKB Sulteng diadakan lomba pidato tiga bahasa secara virtual, yakni bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris melibatkan peserta dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Sulawesi Tengah.

Di malam harinya, bertempat di Pesantren Mamba’ush Solichin, di Kelurahan Palupi, diadakan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan pembawa hikmah Maulid Nabi,  Prof . Dr.KH. Manarul Hidayah, MA.

Berikutnya, pagi harinya tanggal 22 Oktober 2021, dihari puncak kegiatan diadakan apel santri di Lapangan Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, melibatkan perwakilan seluruh pesantren yang ada di Sulawesi Tengah dengan Inspektur Upacara Prof.Dr. KH. Manarul Hidayah, MA,.

“Rangkaian kegiatan ditutup di malam harinya, malam ramah tamah,”ujar Jayadin.

Wakil Ketua Panitia, Muhammad Rusli Tenri menambahkan, bahwa dari semua rangkaian kegiatan itu dipastikan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Bahkan panitia sengaja memilih lebih dari satu tempat kegiatan agar tidak terjadi penumpukan warga.

“Insya Allah, kita tetap mengacu pada protokol kesehatan, karena kita sadari bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19,”ujar Rusli, didampingi Wakil Ketua PKB Sulteng lainnya, Habil Basri. ENG

Komentar

News Feed