oleh

KAMPANYE PENGHIJAUAN, KPH Kulawi Bagikan Bibit Pohon di Pasar Dolo

-Kab. Sigi-dibaca 736 kali

SULTENG RAYA – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi berupaya menggugah masyarakat untuk melakukan penghijauan Lingkungan Kita (PELITA) dengan membagikan bibit pohon produktif kepada masyarakat di Pasar Dolo, Kabupaten Sigi, Selasa (19/10/2021).

“Pohon memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia. Ini sebagai bentuk kampanye penghijauan lingkungan hidup yang dilakukan KPH. Masyarakat kami berikan bibit produktif yang bisa ditanam dan dimanfaatkan hasilnya nanti,” kata Kepala KPH Kulawi, Darwis kepada Sulteng Raya, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Penghijauan itu, kata dia, dilakukan dengan melakukan penanaman pepohonan.

Baca Juga :   MTQ VII PALOLO, Dolo Kembali Raih Juara Umum

“Kita bisa melakukan penghijauan ini pada kebun, taman kota, pinggir jalan, atau di tempat-tempat yang berupa tanah lapang. Kegiatan penghijauan bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana banjir, longsor pada musim penghujan, kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau serta untuk mengantisipasi dampak pemanasan global,kegiatan ini pula sebagai salah satu wujud sinergitas kph kulawi untuk mendukung pogram Sigi Hijau” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan pemanfaatan Hutan UPT KPH Kulawi,Moh Guntur Tayeb merincikan bibit produktif yang dibagikan yakni jenis bibit kemiri, durian, alpukat, mahoni, dan bibit pohon nangka. “Tahun ini bibit yang ditarget didistribusikan  adalah 20.000, kami terus mengupayakan tersalurkan sebelum menutup tahun,” katanya.

Baca Juga :   MTQ VII PALOLO, Dolo Kembali Raih Juara Umum

Koordinator Penyuluh Kehutanan, Busranuddin Dg. Masserang mengatakan, upaya penghijauan terus dilakukan di Kabupaten Sigi mengingat daerah tersebut sangat rawan terdampak bencana banjir ketika musim penghujan datang.

“Dengan gerakan seperti ini, kita bisa melibatkan masyarakat sebagai pionir dari penghijauan tersebut. Pemerintah bersama-sama masyarakat merupakan elemen yang tidak terpisahkan dalam upaya-upaya strategis untuk kelestarian lingkungan. Semoga kegiatan-kegiatan  seperti ini memberikan dampak rasa memiliki masyarakat terhadap kelestarian yang berkelanjutan,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed