oleh

Hari ini Unismuh Palu Tarik Mahasiswa Peserta PPL

-Pendidikan-dibaca 133 kali

SULTENG RAYA- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, hari ini, Senin (18/10/2021) secara resmi melakukan penarikan mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) setelah menjalani praktek  lapangan selama satu bulan.

PPL sendiri merupakan tahapan penting bagi seorang calon sarjana yang masih berstatus mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dunia kerja secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya.

Sekaligus membantu memaksimalkan potensi, belajar dengan sungguh-sungguh serta mencari bekal untuk mereka ketika sudah benar-benar sebagai tenaga kerja.

Dari 84 Mahasiswa peserta PPL dari Unismuh Palu tersebut, empat diantaranya melaksanakan PPL di Harian Umum Sulteng Raya, masing-masing Moh Bayu Ikhwan, Selvi, Mariani, dan Nurul Issyah, keempatnya adalah mahasiswa dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam pada Fakultas Agama Islam Unismuh Palu.

Baca Juga :   SMPN 12 Targetkan Vaksinasi Pelajar Segera Capai 100 Persen

Sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr.H. Rajindra, SE., MM saat pelepasan peserta PPL tanggal 8 September 2021 lalu sangat  berharap, agar para peserta PPL itu tidak hanya sekadar memenuhi tuntutan akademik, melaksanakan PPL ala kadarnya.

Namun betul-betul belajar memahami kondisi realita di lapangan, mengaplikasikan teori yang mereka terima selama di dalam kampus, karena kerapkali realita di lapangan tidak sama persis dengan teori yang diterima di dalam kampus, tapi sebagai seorang terpelajar, harus bisa menyesuaikan diri antara realita di lapangan dengan ilmu yang diterima di dalam kampus.

Apalagi selama melaksanakan PPL, mampu menunjukan kinerja yang bagus, tidak menutup kemungkinan kata rektor akan dilirik oleh pimpinan perusahaan atau instansi. “Jangan main-main di lapangan, carilah ilmu dan pengalaman di sana, bekerjalah dengan baik. Apalagi sampai dilirik oleh pimpinan di sana. Lebih bagus lagi itu, karena langsung kerja,”ujar rektor.

Baca Juga :   Prodi Magister Ilmu Komunikasi Untad Gelar Workshop Visi Misi

Kata rektor, berdasarkan pengalaman dirinya selama ini, tidak sedikit peserta PPL dari Unismuh Palu itu langsung terserap di lapangan kerja setelah selesai dari PPL, karena kantor atau perusahaan tempat mereka bekerja itu yang menawarkan agar mahasiswa tersebut langsung bekerja di tempat itu, karena melihat hasil kinerja mahasiswa bersangkutan.

Sekadar diketahui manfaat PPL sendiri adalah untuk mengasah empat kompetensi mahasiswa yakni Kompetensi pedagogic, Kompetensi kepribadian, Kompetensi professional, dan Kompetensi sosial.

Keempat kompetensi itu menjadi penjunjang seseorang nantinya saat berada di dunia kerja.ENG

Komentar

News Feed