oleh

Pansus IV Konsultasi Tatib dan Kode Etik di DPRD DKI Jakarta

-Kota Palu-dibaca 86 kali

SULTENG RAYA – Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Sulawesi Tengah melakukan konsultasi rancangan tentang Tata Tertib dan Kode Etik di DPRD DKI Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Rombongan Pansus IV DPRD Sulteng mengunjungi Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk berkoordinasi mengenai rancangan tentang Tata Tertib (tatib) dan Kode Etik DPRD Sulteng. Pansus IV juga disambut secara hangat oleh Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hasan Basri Umar di ruang rapat Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Tujuan Pansus IV melakukan konsultasi dalam rangka pemantapan materi muatan Rancangan Peraturan DPRD Provinsi Sulteng tentang Tata Tertib dan Kode Etik DPRD.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Pansus IV, Zainal Mahmud Daud mengajukan pertanyaan  terkait anggota DPRD yang ditugaskan di dua pansus. Karena, Kata Zainal, sesuai regulasi, saat ini DPRD Sulteng membentuk empat pansus. Dari segi persentase Anggota DPRD, maka ada yang ditugaskan lebih dari satu pansus.

Baca Juga :   Persekutuan Oikumene BTN Korpri Kawatuna Rayakan Natal Secara Prokes

“Sehingga kalau pansus-nya bersamaan rapat, maka rapatnya jadi tidak efektif,”kata Zainal Daud.

Menanggapi pertanyaan itu, Ketua Komisi D DPRD Jakarta, Hasan Basri Umar mengatakan di DKI Jakarta juga seperti itu.  Namun, ada peraturan, jika ada anggota yang menduduki dua pansus, maka tidak bisa menjadi Ketua Pansus.

Sementara anggota pansus lainnya, Yahdi Basma mengatakan, perlu diatur di dalam Tatib DPRD, terkait hak imunitas anggota DPRD, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Di akhir diskusi, Pansus IV diberikan draf peraturan DPRD DKI Jakarta tentang tatib dan draf peraturan DPRD tentang kode etik,  yang saat ini, menunggu hasil fasilitasi Kemendagri.  Draf itu, diharapkan dapat menjadi pengayaan materi muatan kode etik dan tatib DPRD Sulteng.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Minta Tingkatkan Penanganan COVID-19 Jelang Nataru

Konsultasi di DPRD Jakarta turut dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Sulteng, Zalzumida A. Djanggola, dan Wakil Ketua III, Muharram Nurdin. Sementara Tim Pansus IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang ikut yakni Ketua, Huisman Bram Toripalu, Wakil Ketua Zainal Mahmud Daud,  serta Sekretaris Pansus, Ronald Gulla.

Sementara anggota Pansus yang hadir yakni Yahdi Basma, H.M Tahir H. Siri, Yus Mangun, Faisal Lahadja, Naser Jibran, Abd. Karim Aljufrie, dan Marlela. *AMI 

Komentar

News Feed