oleh

Pemkot Palu-Pemkab Sigi MoU Penanganan Bencana di Perbatasan

-Kota Palu-dibaca 74 kali

SULTENG RAYA – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan Bupati Sigi, Irwan, menandatangani Nota Kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU) tentang sinergitas pelaksanaan pencegahan, penanggulangan kebakaran, non-kebakaran dan bencana lainnya di kawasan perbatasan antara Kota Palu dan Kabupaten Sigi, di ruang kerja Wali Kota Palu, Kamis (14/10/2021).

Wali Kota Hadi menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi atas kepercayaan telah diberikan dalam membangun kerja sama positif tersebut.

“Sigi dan Palu adalah satu badan, yang hanya dibedakan oleh wilayahnya saja,” kata Wali Kota Hadianto.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab Pemerintah dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat serta daerah yang dicintai adalah kewajiban bersama.

Baca Juga :   Dua Siswa MAN IC Palu Ikut Seleksi Beasiswa ‘Indonesi Maju’

Pemkot Palu berharap ke depan kerja sama yang terbangun dalam memberikan penguatan dan perlindungan terhadap daerah, bisa semakin komprehensif dan semoga bisa terjaga serta terjalin dengan baik.

“Sekali lagi terima kasih atas kerjasama yang baik ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sigi Irwan mengakui, ada beberapa persoalan dihadapinya, salah satunya terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana Pemadam Kebakaran di Kabupaten Sigi, sehingga perlu kerja sama dengan pemerintah daerah terdekat yakni Kota Palu.

“Terkait Damkar terus terang alat kami sangat terbatas. InsyaAllah MoU ini berujung pada hal yang positif, sehingga kegiatan-kegiatan bisa berjalan dengan baik,” kata Bupati Irwan.

Turut hadir, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Palu, Sudaryano Lamangkona serta Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sigi, Andi Wulur.

Baca Juga :   Kemenag Gorut Studi Peningkatan Sistem Informasi KUA di Sulteng

Pascatandatangan MoU, Disdamkarmat Kota Palu bersama Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sigi melaksanakan latihan bersama penanggulangan pemadam kebakaran serta penyelamatan pada di Gedung Rusunawa, Kelurahan Boyaoge, Jalan Pue Bongo, Kota Palu.

Pada kesempatan itu, para petugas Damkar Kota Palu dan Kabupaten Sigi berlatih bersama sebagai upaya sinergitas kedua pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya berkaitan tentang penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

Kepala Dinas Disdamkarmat Kota Palu, Sudaryano Lamangkona, mengatakan, proses latihan bersama ini untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan para aparatur petugas Damkar dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

“Suasana hati saya begitu bergembira karena harapan saya terwujud hari ini. Harusnya ini diwujudkan sejak tahun 2019 pada perayaan HUT Damkar yang ke-100. Alhamdulillah hari ini terwujud,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kemenag Palu Siap Mewujudkan ZI Menuju WBK-WBBM

Menurutnya, tugas dan tanggungjawab Damkar adalah melakukan penanggulangan dan penyelamatan pada setiap kejadian yang bersifat emergency atau darurat, bukan hanya di daerah perbatasan tetapi seluruh wilayah baik di Kabupaten Sigi maupun Kota Palu.

Urusan kebakaran, katanya merupakan sub urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar bidang pencegahan, penanggulangan kebakaran, dan penyelamatan.

“Semoga proses latihan nanti, kita semua dilancarkan dan senantiasa mendapat lindungan dari Allah SWT,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa masih banyak hal yang perlu dilakukan kembali baik di Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu maupun Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sigi untuk meningkatkan kapasitas masing-masing sebagai aparatur petugas Damkar.HGA

Komentar

News Feed