oleh

Syarat Ikut PTM, 50 Persen Murid SMP-SMA Wajib Vaksin Covid-19

-Kota Palu-dibaca 80 kali

SULTENG RAYA – Sejak level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Palu turun ke level 2, sejumlah kegiatan masyarakat dilonggarkan. Salah satunya, membolehkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mewajibkan minimal 50 persen murid di sekolah sudah divaksin Covid-19. Syarat tersebut dikhususkan bagi murid sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Demi penguatan kebijakan tersebut, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, bakal mengeluarkan surat edaran untuk menjadi perhatian satuan pendidikan SMP dan SMA di Kota Palu.

“Hari ini (kemarin), saya akan mengeluarkan surat edaran khusus SMP dan SMA, wajib siswanya tervaksinasi sekitar 50 persen, baru boleh buka pembelajaran tatap muka,” kata Handianto Rasyid saat berkunjung ke SMP Negeri 7 Palu, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :   PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW, LPKA Palu Harap Andik Dapat Meneladani Akhlak Rasullullah

Ia mengungkapkan, pada Senin (18/10/2021) mendatang, sudah ada tiga SMP di Kota Palu yang akan memulai PTM secara langsung. Olehnya, diharapkan para guru menyampaikan kepada siswanya agar segera melakukan vaksinasi.

“Sampaikan kepada para siswa yang ingin sekolah hari Senin, harus sudah divaksin. Saya akan meminta Puskesmas terdekat untuk membantu pelaksanaan vaksinasi besok,” katanya.

Wali Kota Hadianto, menyatakan, proses pembelajaran tatap muka nantinya akan diatur dengan pembagian dua jam masuk, yakni pagi sebanyak 50 persen, dan siang sebanyak 50 persen dalam satu pekan.

“Kemudian, pada pekan berikutnya, beberapa yang masuk pagi hari akan digeser menjadi masuk siang. Begitu pun sebaliknya. Dengan pola demikian, semua siswa nantinya dapat bertemu serta saling mengenal dan bertegur sapa. Jadi diacak dan dirandom terus,” jelasnya.

Baca Juga :   Masker untuk Prokes Covid-19 dan Gaya Hidup

Ia menuturkan, Kota Palu bisa berpeluang masuk dalam PPKM Level 1 dengan menargetkan pencapaian vaksinasi sebesar 75 persen. Jika semua siswa bisa melakukan vaksinasi, maka target tersebut bisa dicapai.

“Ketika kita tembus itu, maka kita masuk PPKM Level 1 dan kita boleh buka sekolah 100 persen. Tinggal prokes-nya diperketat. Kita harus sangat berhati-hati dalam hal ini. Kita tetap pada tantangan yang sama, yaitu Covid-19,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan laporan harian Pusat Data dan Informasi (Pudatina) Covid-19 Sulawesi Tengah pada Rabu (13/10/2021), pasien Covid-19 masih dalam perawatan di Kota Palu tersisa 21 orang, terdiri dari masing-masing 5 orang dirawat di RSUD Madani dan RS Woodward, masing-masing 4 orang dirawat di RSU Anutapura dan RSUD Undata serta 3 orang menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga :   Segera Diberlakukan, Tamu HSP Wajib Gunakan Peduli Lindungi

Hingga Rabu kemarin, total kasus di Ibu Kota Sulteng itu sebanyak 9.329, terdiri dari 9.083 orang berhasil sembuh alias 97,35 persen, 225 orang meninggal dunia alias 2,42 pernse dan 21 orang masih dalam perawatan atau 0,23 persen.

Ayo bersama mewujudkan Kota Palu masuk ke PPKM level 1. Caranya, selalu patuh protokol kesehatan (prokes) 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. HGA

Komentar

News Feed