oleh

PPKM Dilonggarkan, Kadinkes Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

-Kota Palu-dibaca 39 kali

SULTENG RAYA – Sejak pekan lalu, kegiatan masyarakat di Kota Palu sudah mulai dilonggarkan, seiring level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah itu turun menjadi level 2.

Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan selalu menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palu, Denny Taufan kepada Sulteng Raya, Selasa (12/10/2021).

Denny menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terus berupaya untuk menurunkan level PPKM, salah satunya dengan mengejar target vaksinasi lansia 40 persen. Vaksinasi lansia menunjukkan tren naik dan sudah mencapai 28,6 persen.

Baca Juga :   Waspadai Gelombang Ketiga COVID-19 Jelang Akhir Tahun

Menurutnya tren kenaikan vaksinasi lansia cukup lambat disebabkan banyak yang memiliki penyakit bawaan. Belum lagi ada lansia ketika akan disuntik vaksin tekanan darahnya tiba-tiba naik sehingga harus ditunda sampai kondisi normal kembali.

“Solusi untuk yang memiliki penyakit bawaan untuk penanggulangannya prokes, karena mereka kelompok rentan, sembari kita tetap edukasi. Semua akan coba kita carikan jalan keluarnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga terus berusaha meningkatkan kepekaan tim seperti tim posyandu, polkades, kader dan lainnya dalam rangka melihat tanda-tanda Covid-19 agar dapat ditindak secara cepat.

“Mari meningkatkan kepekaan kita terhadap tanda-tanda untuk segera dilaporkan kepada tim kami yang ada di tengah masyarakat seperti tim tracer, kader-kader kami yang ada di masyarakat untuk disampaikan kepada puskesmas. Kemudian kita lokalisir persoalan itu untuk kita atasi sehingga penyebaran Covid-19 tidak seganas kemarin,” kata Denny. NDY

Komentar

News Feed