oleh

Masyarakat Losel Diminta Patuh Buang Sampah di TPS

-Kota Palu-dibaca 26 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kelurahan Lolu Selatan (Losel) meminta masyarakat setempat untuk lebih sadar dan peduli terhahap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat penampungan sementara (TPS) telah ditentukan.

Hal tersebut dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan bebas sampah ‘liar’ (sampah dibuang sebarang tempat).

“Harapannya, kami selaku pihak kelurahan, yakni masyarakat bisa sadar untuk membersihkan sampah lingkungan dengan membuang sampah di TPS,” kata Lurah Lolu Selatan, Sahdin, Selasa (12/10/2021).

Ia menjelaskan, permasalahan sampah liar memang hingga kini masih menjadi masalah terus diupayakan agar bisa diatasi. Kondisi tersebut bukan hanya terjadi di Losel, namun hampir semua kelurahan di Kota Palu.

“Yah, walau begitu semua pihak kelurahan tidak bosan-bosannya untuk terus mengimbau semua elemen masyarakat, walaupun mungkin masih saja ada sampah liar,” ucapnya.

Baca Juga :   Pansus III DPRD Sulteng Konsultasi Raperda Pesantren di Jabar

Ia mengakui, tingkat kesulitan untuk menjaga lingkungan bersih, yakni membangun kesadaran masyarakat.

Meski begitu, pihaknya tidak patah semangat utnuk terus berupaya agar kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dapat terwujud.

Salah satu cara dilakukan, yakni pihak kelurahan bekerja sama ketua RT/RW untuk selalu mengimbau masyarakat. Kemudian, memasang spanduk imbauan untuk masyarakat, hingga bekerja sama dengan pihak sekolah untuk terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Bahkan untuk mengatasi sampah liar, kami mengimbau kepada masyarakat jika tidak bisa membuang sampah langsung ke TPS yang telah ditentukan, masyarakat dapat menggunakan layanan pengelolaan sampah menggunakan kaisar. Nah, nantinya sampah tersebut akan dijemput kaisar dan tentunya layanan ini berbayar,” jelasnya.

Baca Juga :   Enam Ahli Waris Pembuat Kasur Terima Santunan Rp42 Juta dari BPJamsostek

“Perlu diketahui, pengelolaan sampah menggunakan kaisar tersebut belum diterapkan se-kelurahan dan kami juga telah berkoordinasi kepada RT untuk menyampaikan kepada masyarakat yang mungkin berminat menggunakan layanan pengelolaan sampah kaisar,” ucapnya.

“Kami tidak memaksa untuk masyarakat menggunakan layanan pengelolaan sampah kaisar, karena ada sebagian masyarakat yang lebih memilih membuang langsung sampahnya ke TPS,” ujarnya.ULU

Komentar

News Feed