oleh

Sejenak Hening dan Rumah Berbagi Diskusi Soal Kesehatan Mental

-Kota Palu-dibaca 58 kali

SULTENG RAYASejenakhening.com dan Rumahberbagi.id membuka ruang diskusi bersama para Jurnalis di Kota Palu terkait pentingnya pelayanan kesehatan mental.

Diskusi tersebut, berlangsung pada Sabtu (9/10/2021) di Sekretariat SKP HAM Sulteng, Jalan Basuki Rahmat Lrg. Saleko 2 dengan mengusung tema “Jurnalis dan Kesehatan Jiwa di Dunia yang Tidak Setara”

Direktur Sejenakhening.com, I Putu Ardikayana mengatakan, dengan fenomena kesehatan mental di masyarakat, untuk membangunkan aksesibilitas layanan oleh pemerintah harus dimulai oleh diri kita masing-masing dalam memahami kesehatan mental itu sendiri.

Dikatakannya, Sejenakhening.com dan rumahberbagi.id menyadari berbagai permasalahan kesehatan mental ini sebenarnya sangat penting apalagi di masa pandemi COVID-19. Dari situ, mereka hadir untuk memberikan layanan kesehatan mental dan telah mengadvokasi pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan jiwa di puskesmas sejak 2020.

Baca Juga :   Ketua TP-PKK Diah Apresiasi Pokja I Konsisten Pengajian Setiap Bulan

Rumahberbagi.id pun juga telah konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi tentang kesehatan mental. Baik secara online maupun offline dan bahkan telah menjadi partner Dinas Kesehatan Provinsi dalam memberikan layanan kesehatan jiwa, menjadi partner dari DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Sigi, Poso dan Provinsi Sulawesi Tengah,” kata psikolog itu.

Dirinya berharap, langkah ini merupakan langkah awal guna membantu pemerintah secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan aksebilitas layanan kesehatan mental khususnya di Kota Palu.

“Sebagian besar masalah yang dialami negara berkembang khususnya Indonesia, yaitu krisisnya pelayanan kesehatan mental yang sering terabaikan dan belum diprioritaskan dibandingkan dengan penyakit menular,” jelasnya. MG3

Komentar

News Feed